VIDEO: Warga di Gresik Minati Tempat Cuci Tangan Buatan Emak-Emak dari Jeriken Bekas

VIDEO: Warga di Gresik Minati Tempat Cuci Tangan Buatan Emak-Emak dari Jeriken Bekas

Seorang ibu rumah tangga di Gresik, Jawa Timur, punya cara tersendiri dalam mengatasi kebosanan di rumah selama pandemi Covid-19. Salah satunya dengan berkreasi membuat tempat cuci tangan menggunakan jeriken bekas.

Dari hasil karyanya, kini ia mampu menghasilkan tambahan ekonomi keluarga, dari memanfaatkan barang bekas. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, 7 April 2020.

Sejak pandemi COVID-19 melanda, semua masyarakat diimbau tinggal di rumah. Termasuk Siti Fitriah, warga Kelurahan Ngargosari, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Ibu yang juga aktivis lingkungan dan sampah ini, tidak banyak mengikuti kegiatan sosial. Guna mengatasi kebosanan selama di rumah, ia pun berkreasi membuat tempat cuci tangan dari limbah jerigen bekas yang mampu menampung air sebanyak 15 sampai 20 liter.

Jerigen bekas dicuci terlebih dahulu menggunakan air panas dan sabun cair, kemudian dikeringkan. Untuk mempercantik penampilan jeriken dicat aneka lukisan, seperti pohon dan bunga.

Selanjutnya ditempel stiker imbauan cara cuci tangan yang benar. Siti Fitriah mengaku awalnya hanya iseng, tapi saat diunggah di media sosial, ternyata banyak yang memesan.

Hasil kreasi uniknya ini dijual seharga Rp 50 ribu per jerigen. Omzet dalam sehari bisa mencapai Rp 4 juta. Lantaran keterbatasan tenaga, tidak bisa semua pesanan dikerjakan, seperti pesanan dari pemerintah desa, sekolah, maupun instansi pemerintahan.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 09 April 2020, 08:47 WIB

Video Terkait

Spotlights