VIDEO: Santri Madrasah Gelar UMBK Secara Online

VIDEO: Santri Madrasah Gelar UMBK Secara Online

Merebaknya pandemi virus Covid-19, Madrasah Tsanawiyah di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, tetap menggelar Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK), untuk santri kelas 9, pada Selasa.

Namun berbeda dari tahun sebelumnya, saat ini santri mengikuti ujian dari rumah masing-masing secara online atau daring, karena sekolah diliburkan selama pandemi Covid-19. Berikut dilansir pada program Fokus, 8 April 2020.

Di tengah pandemi COVID-19, para pelajar madrasah harus melaksanakan ujian madrasah berbasis komputer, UMBK secara daring atau online menggunakan smartphone maupun laptop yang dikirim oleh guru.

Seperti dilakukan Klara Nathania, salah satu santriwati Madrasah Tsanawiyah di Pamekasan, yang mengikuti Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK) dari rumahnya. Ujian pada 2020 diikuti dari rumah karena pihak sekolah tidak memperbolehkan santrinya untuk hadir ke sekolah, karena merebaknya wabah Covid-19.

Meskipun dilakukan di rumah sendiri, dalam mengerjakan soal-soal ujian ini, Klara mengaku kesulitan karena beberapa soal yang diujikan disertai dengan gambar, namun gambarnya tidak muncul. Sehingga harus laporan dulu ke petugas server di sekolah, dan masih menunggu informasi selanjutnya.

Tidak hanya itu, terkadang ada pilihan jawaban yang tidak sesuai dengan soal yang diajukan. Ujian Madrasah Berbasis Komputer ini dimulai Senin kemarin, dengan materi ujian Seni Budaya dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga, sementara hari ini materi yang diujikan, yakni Aqidah Akhlak dan Bahasa Indonesia, hingga Kamis mendatang, 11 April 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 09 April 2020, 16:10 WIB

Video Terkait

Spotlights