Sukses

Sembuh dari Corona COVID-19, Ini Pesan Kadinkes Pemkab Kediri

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dr Bambang Triono Putro menyampaikan sejumlah pesan dan tips kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran virus corona baru (Sars-CoV-2) yang menyebabkan COVID-19.

Bambang sebelumnya dinyatakan sembuh setelah terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan COVID-19. Selama dalam perawatan di RSUD SLG Kabupaten Kediri, Bambang Triono berusaha memperhatikan asupan gizi, membiasakan untuk disiplin, dan menjaga mental.

"Saya berusaha menjaga mental saya, terutama soal berita yang saya anggap negatif terkait COVID 19 seperti kematian, penyebaran dan lainnya. Saya juga selalu mendapat dukungan dan komunikasi dari keluarga dan orang tersayang. Bahkan Bupati Kediri Bu Haryanti juga memberikan dukungan dan semangat kesembuhan," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, Rabu, 8 April 2020.

Bambang Triono menambahkan, dukungan dan semangat dari keluarga dan teman untuk melawan virus tersebut juga sangat dibutuhkan. Selain itu, berbagai makanan bergizi dan vitamin juga dibutuhkan.

"Untuk asupan makanan dan vitamin semua telah dicukupi oleh rumah sakit," kata dr Bambang yang saat ini sedang proses pemulihan di rumah.

Ia mengaku mulai merasa tidak enak badan sejak 24 Maret, dengan gejala sakit batuk dan sesak, yang mirip dengan gejala COVID-19. Untuk itu, ia mengisolasi diri di rumah. Namun, karena batuk dan sesak nafas yang dirasakannya semakin parah, ia meminta untuk dirawat dan diisolasi di RSUD SLG Kabupaten Kediri pada 27 Maret.

"Kebetulan saya seorang tenaga medis dan saya mengerti bagaimana cara menjaga diri saya dan keluarga dengan menjaga jarak, menggunakan masker dan asupan gizi. Namun, gejala sakit saya semakin parah, sehingga saya langsung ke RSUD SLG untuk dilakukan perawatan karantina," kata Bambang.

Ia juga berharap seluruh masyarakat untuk mematuhi imbauan pemerintah dan tetap menjaga kesehatan serta kebersihsn, dengan rutin cuci tangan dan menggunakan masker. Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengungkapkan Plt Kadinkes dr Bambang Triono Putro telah negatif (sembuh) dari virus corona dan saat ini sedang proses pemulihan di rumah.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Juru Bicara Penanganan Percepatan COVID-19 Kabupaten Kediri dr Ahmad Chotib mengungkapkan, hasil swab yang bersangkutan sudah dinyatakan negatif.

"Dr. Bambang sudah pulih. Seluruh hasil swabnya negatif alias sembuh dari COVID-19. Ini juga telah diketahui provinsi," kata dr Ahmad di Kediri, Rabu.

Ia mengatakan, hasil swab itu keluar dari pemeriksaan yang rutin dilakukan oleh petugas medis. Saat ini, yang bersangkutan sudah diizinkan untuk pulang ke rumahnya. "Namun, kami terus melakukan pemantauan kondisi kesehatannya selama di rumah," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini