VIDEO: Putus Rantai Corona COVID-19, Warga Desa Ini Wajib Sediakan Wastafel

VIDEO: Putus Rantai Corona COVID-19, Warga Desa Ini Wajib Sediakan Wastafel

Kewaspadaan menghadapi pandemi Covid-19 dilakukan seluruh elemen masyarakat. Tak terkecuali di sebuah kampung di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, yang disebut kampung higienis.

Di sini, tiap kepala keluarga diharuskan memiliki satu wastafel, lengkap dengan sabun cuci tangan yang diletakkan di depan rumah. Seperti apa kampung tersebut ? Berikut selengkapnya untuk Anda pada program Fokus, 23 Maret 2020.

Kampung higienis ini terletak di Dusun Sedan, Desa Kemlokolegi, Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk. Wilayah ini disebut kampung higienis karena warganya menekankan kebiasaan mencuci tangan.

Di depan rumah warga terdapat wastafel dari kuali berbahan tanah liat dilengkapi handuk dan sabun tangan. Ketika wabah COVID-19melanda China pada Desember 2019, warga terketuk untuk memasang wastafel secara bersama-sama. Warga berkeyakinan dengan pola hidup besih dan sehat bisa terhindar dari berbagai bahaya virus.

Gagasan pembuatan satu rumah satu wastafel itu, karena adanya usulan dari bidan desa, mengingat pentingnya kebersihan, guna memutus mata rantai COVID-19.

Selain digunakan pemilik rumah, wastafel juga bisa digunakan semua warga yang sedang melintas atau masuk ke kampung tersebut. Setiap warga yang masuk harus mencuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun higienis.

"Untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona yang saat ini sedang mewabah," ujar Januar Arif Gunawan, Kades Kemlokolegi.

Penerapan kawasan higienis ini diharapkan terus berlanjut sehingga bisa menjadi percontohan bagi kawasan lain.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 11 April 2020, 15:30 WIB

Video Terkait

Spotlights