Sukses

Masjid Al-Akbar Surabaya Sementara Tak Gelar Salat Jumat Mulai 17 April

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Al Akbar Surabaya meniadakan sementara salat Jumat berjamaah di masjid mulai 17 April 2020 hingga kondisi memungkinkan. Hal ini juga memperhatikan imbauan pemerintah provinsi (pemprov) Jawa Timur pada 14 April 2020 seiring penyebaran Corona COVID-19 semakin tinggi.

"Mengingat eskalasi penyebaran COVID-19 di Surabaya semakin tinggi dan memperhatikan imbauan Pemprov Jatim tertanggal 14 Aril kepada masjid nasional Al-Akbar, maka mulai 17 April 2020 salat Jumat ditiadakan sampai kondisi memungkinkan,” ujar Humas Masjid Al-Akbar Surabaya, Helmy M.Noor saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (16/4/2020).

Pihaknya juga mengapresiasi kepada para Jemaah dan semua pihak yang selama Pandemi COVID-19 telah sabar, patuh dan disiplin untuk mewujudkan pelaksanaan 12 SOP secara ketat dalam pelaksanaan ibadah salat Jumat di Masjid Al-Akbar Surabaya.

 

 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Patuhi Protokol Kesehatan

Helmy menuturkan, jika saat Ramadan situasi Corona COVID-19 masih seperti saat ini, ketentuan akan berlaku otomatis seperti peniadaan salat Jumat. Pihaknya pun mengajak umat berdoa sehingga pandemi COVID-19 ini dapat segera berakhir.

"Salat Tarawih masih delapan hari lagi, salat Idul Fitri masih 38 hari, mari semua berdoa ada keajaiban Allah agar Corona cepat diangkat dari bumi sebelum Ramadan. Sekali lagi, mari kita optimis dan selalu berdoa kepada Allah agar wabah Corona segera diangkat supaya bisa melaksanakan salat Tarawih dan Idul Fitir," ujar dia.

Helmy juga mengajak agar umat berlaku bijak, tenang, tidak panik dan mematuhi protokol kesehatan dan pemerintah. “Dan tetap mendekat kepada Allah dengan memadukan ikhtiar dhohir dan batin,” ujar dia.

Untuk syiar Ramadan, Masjid Al-Akbar Surabaya menyelenggarakan ngabuburit Ramadan online setiap hari pukul 15.00-18.00 WIB dengan agenda Khotmil Quran Online OneHourOne Khatam, Festival Sholawat Thibbil Qulub dan Doa Li Khomsatun serta ngaji online. Kegiatan itu disiarkan secara live di layanan video Masjid Al-Akbar Surabaya, MMCKomInfo Jatim, cita entertainment, dan beberapa televisi lokal.