Sukses

PGS dan Pasar Kapasan Surabaya Kembali Dibuka, Cek Aturan Masuknya

Saksikan video pilihan berikut ini:

Pusat Grosir Surabaya (PGS) dan Pasar Kapasan, Kota Surabaya, Jawa Timur, akan dibuka kembali pada Sabtu (18/4/2020) besok. Kedua pasar itu suda ditutup selama 14 hari karena ada pedagang dan pengurus pasar yang terkonfirmasi positif Corona Covid-19.

Sehari sebelum kedua pasar kembali dibuka, Pemkot Surabaya melakukan penyemprotan di luar dan dalam area pasar.

“Setelah pasar dibuka akan diberlakukan pembtasan akses masuk dan keluar pasar untuk pengunjung maupun pedagang,” ujar Agus Hebi Djuniantoro, Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Usaha Daerah Kota Surabaya, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (17/4/2020).

Ia menuturkan, Pasar Kapasan biasanya memiliki belasan pintu masuk. Setelah dibuka kembali, ia memastikan hanya akan ada enam pintu untuk keluar dan masuk.

Bilik sterilisasi akan diletakkan di setiap pintu dan pedagang serta pengunjung pasar juga harus diukur suhu tubuhnya. Pemkot Surabaya juga akan membagi-bagikan masker dan cairan pembersih tangan kepada para pedagang dan pembeli, terutama untuk pedagang atau penjaga toko, kuli panggul, dan mereka yang beraktivitas di dalam pasar tersebut.

“Jika ada yang tidak memakai masker dilarang masuk ke dalam pasar,” ucapnya.

Koordinator Protokol Kesehatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya Febria Rachmanita meminta setiap toko diberi sekat plastik antara penjual dan pembeli di PGS maupun Pasar Kapasan, sehingga tidak ada kontak fisik di antara keduanya, termasuk saat menerima uang kembalian.