Sukses

Kekompakan Warga, Satu RT di Banyuwangi Bagikan Sembako

Banyak warga yang setiap harinya mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, kini kesulitan menjalankan aktivitas karena imbas dari COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Membantu sesama untuk meringankan beban bagi masyarakat terdampak pandemi Corona Virus Disease 19 atau COVID-19 merupakan kewajiban bagi setiap manusia.

Di tengah pandemi corona COVID-19, warga RT 01/RW 02, Lingkungan Brawijaya, Banyuwangi, Jawa Timur, aksi solidaritas gotong royong membantu kebutuhan warganya yang terdampak dengan membagikan paket sembako.

"Banyak warga yang setiap harinya mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, kini kesulitan menjalankan aktivitas karena imbas dari COVID-19, seperti tukang ojek, pemilik warung makan maupun tukang becak," ujar Ketua RT 01 Pudjo Wahyu Widodo di Banyuwangi, Sabtu, 18 April 2020, dilansir dari Antara.

Ia mengatakan, pembagian paket sembako itu dilakukan karena mendengar warganya yang mengeluhkan pendapatan hariannya yang terdampak.

Mendapat keluhan itu, pihaknya langsung tergerak untuk mengajak warga yang mampu mengulurkan tangan membantu tetangga sekitarnya yang terimbas.

"Saya paham sekali, tidak mungkin semua beban ini kami serahkan ke pundak pemerintah, tangan pemerintah pasti terbatas. Kami hanya berpikir apa yang bisa kami lakukan untuk warga sekitar, mari kita lakukan sekarang. Warga yang terdampak ini adalah tetangga kita sendiri yang sudah seharusnya kita bantu," tutur Pudjo di Banyuwangi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

300 Kg Beras

Bantuan yang terkumpul dari warga RT 01 tersebut tercatat beras sebanyak 300 kilogram, donasi uang senilai Rp6.500.000, dan sejumlah kebutuhan dapur lainnya.

Pujo mengemukakan, setiap warga yang terimbas langsung diberi paket sembako yang diperkirakan bisa untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka selama tiga bulan ke depan.

"Semua kami beri paket sembako, tapi jumlahnya berbeda menyesuaikan kategorinya. Kalau yang terdampak COVID-19 langsung kami beri lebih, karena kami yakin mereka pasti juga ada tanggungan yang harus dibayar. Makanya kami bantu sembakonya untuk meringankan beban mereka," katanya.

Sebanyak 54 warga yang terimbas pandemi COVID-19 mendapat bantuan paket sembako, masing-masing berupa 30 kilogram beras, minyak goreng 4 liter, mi instan, dan kecap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.