Sukses

Curhat Pasien Sembuh Corona Covid-19 Magetan kepada Gubernur Khofifah

Sang anak pun menceritakan riwayat mereka terinfeksi Corona Covid-19 itu berasal dari almarhum ayah yang dinyatakan positif setelah dua hari wafat.

Liputan6.com, Surabaya Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menggelar Video Conference (Vidcon) dengan Endang Lestari didampingi sang anak. Keduanya merupakan pasien positif Corona Covid-19 dan akhirnya sembuh. Mereka berasal dari Dusun Panasan Desa Mojopurno, Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan.

Di dalam Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (16/4/2020), Khofifah berdialog dengan mereka berdua. Sang anak pun menceritakan riwayat mereka terinfeksi Corona Covid-19 itu berasal dari almarhum ayah yang dinyatakan positif setelah dua hari wafat. Saat itu sang ayah pulang dari acara seminar di Bogor.

"Pertama kali yang terkonfirmasi positif adalah ibu dan dirawat di RS Soedono Madiun. Kemudian tiga hari setelahnya, saya yang terkonfirmasi positif Corona Covid-19," tuturnya.

Dia mengaku kaget tetapi juga sudah mengira karena penyebaran virus ini sangat cepat. Terlebih, ia dan ibunya yang merawat sang ayah ketika itu.

Dua hari setelah sang ayah meninggal, Dinkes Magetan menghubunginya. Ia diberitahu jika sang ayah terkonfirmasi positif Corona Covid-19. Ia dan sang ibu pun dinyatakan sebagai Orang dengan Risiko Tinggi (ODR).

Mereka berdua menjalani isolasi mandiri di rumah sembari menunggu hasil uji seka. Para tetangga pun juga menunjukkan kepedulian. Makanan disiapkan para tetangga untuk mendukung ibu dan anak itu isolasi mandiri di rumah.

“Tetangga menaruh makanan di pagar dengan tas kresek,” ucapnya.

Saat hasil lab keluar dan terkonfirmasi positif, keduanya dibawa ke rumah sakit untuk menjalani rawat inap di ruang isolasi. Kinerja dokter dan prawat sangat bagus. Mereka memberi semangat para pasien.

Ia juga meminta sang ibu untuk tidak terlalu banyak menonton berita dan mengakses informasi soal Corona Covid-19 supaya tidak stres.

“Saya bilang ke ibu kalau banyak pasien Corona sembuh,” tuturnya.

Pernah menjadi pasien positif Corona Covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh membuatnya yakin jika ingin pandemi berakhir, maka orang harus mengikuti imbauan pemerintah. Ia menilai perlu kesadaran masing-masing orang untuk memutus mata rantai penularan dengan di rumah saja dan menjaga jarak.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.