VIDEO: Status Gunung Semeru Waspada Level 2, Ini Imbauan BPBD Lumajang

VIDEO: Status Gunung Semeru Waspada Level 2, Ini Imbauan BPBD Lumajang

Suasana awan panas, guguran, terlihat jelas dari Kecamatan Pronojiwo, dan Kecamatan Candipuro, Lumajang. Bahkan sejumlah warga berhasil merekam melalui kamera ponsel. Awan panas pertama kali tampak dari bagian tengah, bukan kawah tenggara Gunung Semeru atau sekitar 1000 meter dari puncak Mahameru.

Tidak lama kemudian, luncuran awan panas mengarah ke daerah Besuk Bang dengan jarak luncur hingga 2 Kilometer dari puncak kawah. Awan panas guguran terjadi lantaran posisi ujung lidah lava di sisi tenggara tidak stabil.

Selain itu guguran ini juga dipengaruhi ada gravitasi gunung, sehingga material vulkanik yang menumpuk di gunung api tertinggi di Pulau Jawa ini longsor.

"Lava dari puncak Semeru sekitar 1000 meter jarak luncur mengarah ke Besuk Bang, dan Semeru saat ini masih waspada level 2," jelas Wawan Hadi Siswoyo, Kabid Pencegahan dan Logistik BPBD Lumajang.

Meskipun demikian gunung api tertinggi di Pulau Jawa ini masih berstatus waspada level 2. Warga diminta tetap tenang, sekaligus waspada terutama potensi awan panas guguran dan hujan abu Gunung Semeru. Demikian diberitakan pada Liputan6, 18 April 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 20 April 2020, 08:20 WIB

Video Terkait

Spotlights