Sukses

Ratusan Orang Sempat Antre Ingin Beli Sembako di Lumbung Pangan Jatim

Liputan6.com, Jakarta - Program Lumbung Pangan Jawa Timur diminati masyarakat. Ini ditunjukkan dari ratusan orang mengantre untuk membeli sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) dengan harga murah dalam program Lumbung Pangan Jawa Timur yang diinisiasi Pemerintah Provinsi Jatim di Gedung JX International, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Selasa (21/4/2020).

Di halaman Gedung JX International itu terlihat puluhan orang sudah berkumpul sejak pukul 09.30 WIB untuk mendapat giliran awal membeli sembako murah di program Lumbung Pangan Jatim, bahkan semakin lama orang yang datang bertambah.

Program Lumbung Pangan Jatim yang digelar untuk membantu masyarakat di tengah pandemik COVID-19 sekaligus menjelang Ramadan 1441 Hijriah tersebut baru dibuka akan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada pukul 15.30 WIB sore. Demikian mengutip Antara, Selasa (21/4/2020).

Warga yang sudah mengantre, kemudian diminta panitia Lumbung Pangan Jatim untuk berdiri sambil menjaga jarak sesuai aturan physical distancing atau jaga jarak. Namun, banyaknya warga yang mengantre membuat situasi tidak sesuai harapan dan protokol pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19 pun diabaikan.

Pihak panitia Lumbung Pangan Jatim sudah mengatur jarak dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, tetapi untuk di dalam gedung JX International. Namun, di luar gedung yang tampaknya kurang diantisipasi dengan baik.

Kondisi tersebut juga sempat memicu reaksi warganet di sejumlah media sosial yang gambar antreannya telah tersebar, bahkan tidak sedikit warganet yang menyayangkannya karena terdapat kerumunan massa.

2 dari 3 halaman

Panitia Putuskan Masuk Secara Bergantian bagi Warga

Panitia penyelenggara akhirnya mengizinkan warga yang sudah mengantre untuk masuk secara bergantian, yakni sebanyak 40 orang, dan lainnya menunggu dengan tetap diatur sesuai aturan protokol kesehatan.

Sebelum memasuki gedung, setiap warga harus dicek suhu tubuhnya dan menggunakan cairan pembersih tangan yang sudah disiapkan panitia.

"Diatur masuknya setiap 40 orang, yang lain menunggu dan duduk di kursi-kursi antrean,” ucap salah seorang panitia.

Bahkan, kursi-kursi yang sudah diatur posisi jaraknya juga diletakkan di halaman gedung untuk pengantre agar tidak berjubel. Bahan kebutuhan pokok di Lumbung Pangan Jatim sebenarnya juga bisa dipesan secara dalam jaringan (daring) dengan transportasi bebas ongkos kirim bagi masyarakat yang berlokasi sekitar 20 kilometer dari Gedung JX International.

Direktur Utama PT Panca Wira Usaha Jawa Timur Erlangga Satriagung pada kesempatan sebelumnya memastikan berbagai barang kebutuhan pokok yang tersedia di Lumbung Pangan Jatim harganya di bawah harga pasar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini