Sukses

KKN di Tengah Pandemi Corona ala Universitas Jember

Saksikan video pilihan berikut ini:

Universitas Jember menyesuaikan kuliah kerja nyata (KKN) bagi mahasiswanya dengan pandemi Corona Covid-19. Perguruan tinggi ini menerjunkan mahasiswa di kampung halaman masing-masing.

Konsep itu diusung seiring dengan kebihakan physical dan social distancing. KKN di kampung halaman ini dilakukan secara mandiri atau individu. Selain lokasi domisili, mahasiswa juga bsia memilih lokasi di luar domisili dengan alasan tertentu.

“Fokus program dan kegiatan KKN tematik Covid-19 pada upaya mendukung penanganan pandemi Corona melalui sejumlah opsi tematik yang sudah ditentukan, ujar Ali Badrudin, Ketua Pusat KKN LP2M Universitas Jember, seperti yang dikutip dari Antara, Rabu (22/4/2020).

Opsi yang ditawarkan, meliputi, program kemanusiaaan pencegahan Covid-19 seperti edukasi kesehatan serta bakti sosial, pemberdayaan wirausaha masyarakat terdampak Covid-19, kegiatan inovasi teknologi informasi berupa pembuatan aplikasi yang bisa digunakan masyarakat di tengah pandemi Corona, pemberdayaan pemerintahan desa dalam memperkuat jaring pengaman sosial desa saat terjadinya pandemi, dan inovasi pembelajaran terutama anak sekolah pendidikan dasar dan menengah yang terdampak Corona Covid-19.

Ia menekankan semua program KKN yang dikonsep mahasiswa Universitas Jember tetap harus mengikuti aturan dan protokol kesehatan dari pemerintah, termasuk meminimalkan aktivitas pertemuan fisik.