Sukses

KAI Daop 8 Surabaya Batalkan 20 Perjalanan KA Menuju Jakarta Mulai 24 April 2020

PT KAI DAOP 8 Surabaya membatalkan operasi perjalanan KA penumpang dari arah Surabaya atau Malang menuju Bandung dan Jakarta mulai 24 April 2020.

Liputan6.com, Surabaya - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyesuaikan operasional perjalanan kereta api (KA) penumpang, seiring dengan kebijakan pemerintah yang resmi memberlakukan larangan mudik saat pandemi COVID-19 guna menekan penyebarannya.

"PT KAI Daop 8 Surabaya mulai Jumat, 24 April 2020, seluruh keberangkatan KA penumpang dari arah Surabaya atau Malang menuju Bandung dan Jakarta  yang berjumlah total 20 KA per hari, dibatalkan operasi perjalanannya," tutur Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, Kamis (23/4/2020). 

Perjalanan KA tersebut terdiri dari relasi Surabaya/Malang–Bandung sebanyak  2 KA, relasi Surabaya/ Malang–Bandung- Jakarta sebanyak 4 KA, relasi Surabaya/Malang–Cirebon–Jakarta sebanyak 14 KA.

Sementara itu, bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket, akan dikembalikan penuh atau 100 persen di luar bea pesan oleh KAI dengan dihubungi oleh Contact Center KAI 121 untuk mendapatkan panduan lebih lanjut. 

"Selain itu, calon penumpang juga dapat membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi KAI Access atau datang langsung ke loket stasiun yang sudah ditunjuk," ujar dia. 

Pembatalan tiket melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal tiga jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian. 

Adapun untuk pembatalan tiket kereta api di loket stasiun dapat dilakukan hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai atau melalui transfer.

"Pembatalan perjalanan KA penumpang ini, untuk sementara ditetapkan hingga 30 April 2020, sambil dilakukan evaluasi mengikuti perkembangan. Jika terdapat perpanjangan waktu pembatalan operasional perjalanan KA maka akan diinformasikan kembali secara resmi,” ujar Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar 6 KA Jarak Jauh yang Masih Beroperasi

Adapun daftar 6 KA jarak Jauh yang masih beroperasi di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya di antaranya adalah :

1. KA Probowangi (KA 337/ KA 338) relasi Surabaya Gubeng – Ketapang /PP.

2. KA Maharani (KA 265/ 266) relasi Surabaya Pasar turi – Semarang Poncol/pp.

3. KA Ranggajati (KA 120 – 125) relasi Cirebon – Surabaya Gubeng – Jember

4. KA Ranggajati (KA 122 – 119) relasi Jember – Surabaya Gubeng – Cirebon.

5. KA Wijaya Kusuma (KA 124-125) relasai Cilacap – Surabaya Gubeng – Ketapang

6. KA Wijaya Kusuma ( 126 – 123) relasi Ketapang – Surabaya Gubeng – Cilacap.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.