Sukses

Pasien Corona Covid-19 yang Sembuh di Surabaya Tembus Angka 1.300

Saksikan video pilihan berikut ini:

Jumlah pasien yang sembuh dari Corona Covid-19 di Surabaya mencapai 1.380 orang. Angka itu terdiri dari data 1.086 orang dalam pemantauan (ODP), 243 pasien dalam pengawasan (PDP), dan 51 orang yang terkonfirmasi positif Corona Covid-19. Mereka adalah pasien rawat jalan dan rawat inap.

"Angka kesembuhan lebih tinggi enam persen ketimbang kematian," ujar Ponco Nugroho, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (23/4/2020).

Ia mengungkapkan angka kasus positif Corona Covid-19 di Surabaya mengalami kenaikan karena Pemkot Surabaya tidak hanya sekali melakukan rapid test dan uji seka. Apabila ada satu pasien memiliki hasil rapid test negatif maka dilakukan rapid test tedua selang satu minggu kemudian.

Hal ini juga berlaku untuk pasien yang melakukan uji seka. Tes sengaja dilakukan semasif mungkin untuk mendeteksi orang dalam risiko (ODR) dan orang tanpa gejala (OTG).

Ia menyebutkan warga Surabaya yang berstatus sebagai ODR Corona Covid-19 berjumlah 4.297 jiwa. Dari angka tersebut, warga yang telah selesai dipantau mencapai 4.054 jiwa. Artinya, yang sedang terpantau saat ini jumlahnya 243 jiwa. Sementara itu, jumlah warga yang statusnya sebagai OTG sebanyak 647 orang terdiri dari 318 sudah selesai dipantau dengan 14 hari masa inkubasi.

"Tinggal 329 yang sedang dalam pantauan," ucapnya.

Terkait pasien Corona Covid-19 di Surabaya yang meninggal dunia didominasi oleh pasien yang memiliki riwayat penyakit penyerta. Hanya dua dari 36 pasien meninggal yang tidak memiliki penyakit penyerta.