Sukses

Sambut Akhir Pekan, Yuk Bikin Wedang Sehat di Rumah

Minuman wedang ini terdiri dari empon-empon yang memiliki manfaat untuk jaga daya tahan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya seiring ada wabah COVID-19. Sejumlah kegiatan saat Ramadan tiba tidak dilakukan dengan banyak orang dan berkerumun. Tradisi Ramadan pun kini ada yang dilakukan dengan online dan tidak mengundang banyak orang.

Nah, mumpung akhir pekan dan sedang melakukan kegiatan di rumah saat ramadan, mari mencoba resep makanan dan minuman untuk dipraktikkan jelang berbuka. Anda bisa melakukannya bersama anak atau sendiri. Apalagi saat di rumah kadang ide berkreasi bisa muncul. Salah satu resep minuman yang dapat dicoba yaitu minuman wedang.

Minuman tradisional ini memang sedang digandrungi. Terutama semenjak wabah COVID-19, ada imbauan untuk tetap menjaga daya tahan tubuh dan hidup sehat. Minuman wedang ini terdiri dari empon-empon. Mengutip instagram @banggasurabaya, Sabtu (24/4/2020), empon-empon berasal dari Bahasa Jawa yang artinya rimpang.

Empon-empon digunakan sebagai ramuan tradisional yang memiliki manfaat dapat meningkatkan daya tahan tubu. Empon-empon ini terdiri dari jahe, kunyit, temulawak, lengkuas, kencur, pula sari, dan lainnya.

Puskesmas Keputih di Surabaya, Jawa Timur pun telah mensosialisasikan minuman tradisional kepada masyarakat. Anda bisa mencoba resep wedang ini di rumah. Mengutip instagram Puskesmas Keputih @pkmkeputih.sby, berikut resep untuk membuat wedang sehat:

Bahan-bahan:

Jahe emprot: 350 gram, dimemarkan

Kunyit: 350 gram, dimemarkan

Kayu manis 3 batang

Serai 5 batang, dimemarkan

Gula merah secukupnya

Garam secukupnya

Air sebanyak 1,5 liter

*Jika porsti ditambah dapat menambah jumlah bahan dengan kelipatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Pembuatan

Cara pembuatan:

1.Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan kayu manis didihkan kurang lebih lima menit.

2.Setelah mendidih masukkan jahe, kunyit dan serai. Didihkan kembali kurang lebih lima menit.

3.Setelah mendidih, kecilkan api lalu masukkan gula dan garam secukupnya, lalu aduk sampai mendidih.

4. Setelah mendidih saring dan siap disajikan hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.