Sukses

Pesan Pemkab Gresik kepada Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik mencairkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) April 2020 untuk empat desa.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik mencairkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) April 2020, sebesar Rp 600 ribu di empat desa yaitu Desa Sidorejo Bungah, Desa Baron Dukun, Desa Dadapkuning dan Desa Kambingan.

Pencairan BLT-DD ini sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal , dan Transmigrasi nomer 6 tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan nomer 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020 dan Peraturan Menkeu nomer 40/PMK.07/2020.

Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Malahatul Fardah beserta Camat setempat, secara simbolis menyerahkan BLT-DD kepada penerima di Balai Desa Sidorejo Bungah dan Balai Desa Dadapkuning-Cerme, Kamis (30/4/2020).

Qosim berpesan agar penerima BLT DD memanfaatkan uang tersebut untuk membeli kebutuhan pokok.

"Belilah beras dan kebutuhan pokok yang lain. Yang penting kebutuhan pangan selama sebulan ke depan bisa aman. Jangan dimanfaatkan untuk keperluan yang tidak penting,” ujar dia dalam sambutannya.

Ia juga menyampaikan beberapa hal penting untuk menghindari tertularnya COVID-19. Masyarakat diimbau selalu cuci tangan pakai sabun, selalu menggunakan masker, jaga jarak dan menghindari kerumunan massa.

"Pemkab Gresik saat ini tengah melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Bila saat ini pada setiap pos cek poin hanya sekedar memberikan himbauan dan teguran, maka mulai besok akan ditegur dan diberi Tindakan,” tegas dia.

Qosim juga meminta kepada para kepala desa dan masyarakat, agar jangan sampai ada tetangganya yang kelaparan. Diminta untuk laporkan kepada aparat bila menjumpai warga yang kelaparan di Gresik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usulan Camat

Camat Bungah Kiki Nuryadi yang mendampingi Wabup saat pembagian BLT-DD di wilayahnya mengatakan, jumlah penerima di Desa Sidorejo sebanyak 45 KK. Dia masih mengusulkan 69 KK lagi untuk diajukan untuk mendapatkan dana dari APBD Pemda Pemkab Gresik.

Sementara Camat Cerme Suyono mengatakan, sehari ini saja pihaknya sudah mencairkan BLT-DD di dua Desa yaitu Dadapkuning sebanyak 100 KK dan desa Kambingan sebanyak 89 KK.

"Kami sudah melaksanakan Musyawarah desa pada semua desa sebagai syarat pencairan Dana BLT-DD ini. Sampai saat ini semua data Penerima di Kecamatan Cerme sudah terdata di Bank Jatim. Tinggal nunggu waktu giliran saja," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.