Sukses

Hasil Tracing di Pabrik Rokok Tulungagung, 23 Karyawan Reaktif Usai Jalani Rapid Test

Tim tracing akan memperdalam penyisiran penyebaran Corona COVID-19 di pabrik rokok di wilayah tersebut.

Liputan6.com, Surabaya - Pelaksanaan rapid test di sebuah pabrik rokok di Desa Gesikan, Tulungagung sudah dilakukan. Sebanyak 23 dari 246 karyawan reaktif dari hasil rapid test atau tes cepat.

"Mereka yang reaktif atau positif hasil rapid test, tadi sudah dilanjutkan tes Swab PCR. Hasilnya belum keluar," kata Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Covid-19 Jatim, Kohar Hari Santoso, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin malam (4/5/2020). 

Kohar menceritakan, semula penyebaran COVID-19 di pabrik rokok tersebut diketahui setelah seorang karyawan hendak berobat ke rumah sakit, dan ternyata terindikasi mengalami gejala COVID-19. 

Mengetahui hal itu, kemudian tim tracing terjun langsung melakukan rapid test terhadap 214 karyawan perusahaan, dan 17 di antaranya positif.

"Dari 17 itu, lima orang karyawan berasal dari Kabupaten Kediri, lima dari Kota Kediri, dan tujuh warga Kabupaten Tulungagung," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rapid Test Gelombang Kedua

Kemudian tim tracing kembali melakukan rapid test gelombang kedua terhadap 32 karyawan lainnya, hasilnya ada enam orang positif COVID-19  dan merupakan warga Tulungagung. 

"Jadi total ada 23 karyawan yang positif hasil rapid test, sekarang mereka telah menjalani isolasi mandiri sambil menunggu hasil tes Swab PCR," ujarnya.

Selanjutnya, lanjut Kohar, tim tracing akan memperdalam penyisiran penyebaran Corona COVID-19, utamanya dari perusahaan rokok tersebut. Mengingat, perusahaan rokok itu bersebelahan dengan perusahaan rokok yang memiliki karyawan lebih banyak.

"Ini agak mengkhawatirkan. Kita khawatir ada interaksi dengan perusahaan yang berdekatan dengan perusahaan dengan karyawan lebih banyak," pungkas Kohar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.