Sukses

Belanja Online Mudahkan Warga Surabaya Jalani PSBB

Belanja kebutuhan rumah tangga saat PSBB via daring membantu warga Surabaya dalam memenuhi kebutuhan harian tanpa harus keluar rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Kota Surabaya, Jawa Timur, mengoptimalkan belanja sayur, bumbu dan buah secara daring tanpa harus pergi ke pasar di saat pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk memutus mata rantai COVID-19.

"Selama pandemi, saya sekeluarga mengurangi keluar rumah. Saya lebih banyak belanja daring, khususnya untuk sayur dan buah secara daring. Kebetulan saat ini sudah ada aplikasi untuk belanja daring," kata salah seorang warga Rungkut, Zakiyah di Surabaya, Selasa, 5 Mei 2020.

Zakiyah mengaku terbantu dengan adanya layanan daring untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus keluar rumah. Salah satu layanan daring belanja sayur mayur dan buah yang banyak digunakan warga Surabaya adalah carisayur.com, dilansir dari Antara.

"Kami mendapatkan stok komoditi langsung dari petani yang hasil panennya dijual di PIOS (Pasar Induk Osowilangun Surabaya), sehingga kondisi sayur dan buahnya masih segar," kata Staf Manajemen carisayur.com Rahayu Trisila.

Menurut Trisila, warga Surabaya kini sudah bisa menikmati berbagai macam kemudahan berbelanja sayur, buah dan bumbu cukup dari rumah, tentu dengan menggunakan aplikasi atau laman carisayur.com.

Bahkan, lanjut dia, warga Surabaya akan mendapatkan beragam komoditi baik sayur dan buah yang kondisinya masih segar serta berkualitas karena stoknya langsung didapat dari petani yang hadir di PIOS.

"Kami pastikan warga Surabaya mendapatkan belanjaan yang higienis,"ujar Trisila.

Tidak hanya itu, Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya Surabaya juga meluncurkan layanan belanja daring di pasar tradisional sebagai upaya mengantisipasi penyebaran dan penularan COVID-19.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Direktur Pembinaan Pedagang PD Pasar Surya, M. Taufiqurrahman mengatakan belanja daring adalah layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa masyarakat datang atau berbelanja ke pasar.

"Jadi kebutuhan masyarakat tetap bisa terlayani, tetapi pembeli tidak perlu datang ke pasar. Cukup dengan telepon," katanya.

Menurut dia, PD Pasar Surya mengunggah nama dan nomor telepon pedagang di laman https://pasarsurya.surabaya.go.id. Nama dan nomor telepon pedagang tersebut akan dikelompokkan berdasarkan pasar masing-masing.

"Lalu klik menu belanja daring, pilih cabang area dan pilih pasarnya. Pastikan pembeli memilih pasar yang paling dekat dengan domisilinya," ujarnya.

Pada pilihan pasar itulah dicantumkan daftar nama dan nomor telepon pedagang sehingga pembeli tinggal memilih pedagang yang dikehendaki sesuai dengan keinginan belanjanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.