Sukses

Dolen, Belanja Praktis di Tengah Pandemi Corona ala Mahasiswa ITS

Meski pandemi Corona Covid-19 masih belum menunjukkan tanda-tanda menghilang, namun semangat mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk berkarya tak luntur.

Liputan6.com, Surabaya Meski pandemi Corona Covid-19 masih belum menunjukkan tanda-tanda menghilang, namun semangat mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk berkarya tak luntur. Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Program Digital Marketing Camp (DMC) ITS, yang menciptakan situs belanja online kebutuhan pokok sehari-hari bernama Dolen.

Situs belanja Dolen ini menyediakan barang dengan harga terjangkau dan menyuguhkan pelayanan sekelas swalayan.

Menurut Chandra Kartika Ahmad Ibrahim, salah satu mahasiswa yang bergabung dalam pembuatan Dolen mengungkapkan, situs belanja online ini merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama di tengah merebaknya virus corona. 

“Bagi kami, Dolen tidak hanya sekedar usaha selama liburan belajar di rumah, kami berharap juga menjadi kontribusi bermanfaat untuk bangsa ini khususnya pada HUT ke-75 RI nanti,” tuturnya, Rabu (6/5/2020). 

Situs yang mulai dijalankan bertepatan dengan Hari Kartini pada 21 April lalu ini punya makna filosofis. Bila diterjemahkan dalam bahasa Suroboyoan, dolen bermakna jalan-jalan atau bagi pedagang bisa berarti perintah untuk menjualkan. 

“Jadi dapat disimpulkan, bagi pelanggan yang saat ini melakukan kegiatan dari rumah, meskipun di rumah saja namun terasa dolen (jalan-jalan) ke pasar tradisional, tetapi mendapatkan pelayanan sekelas swalayan,” ucapnya.

Menurut mahasiswa ITS asal Jakarta ini, Dolen menyediakan kurang lebih 150 produk berupa sayur, buah, bumbu, ikan, daging sapi, daging ayam, telur, dan jenis sembako lainnya. Situs ini juga bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Dinas Koperasi Surabaya, beberapa pedagang pasar di Surabaya, kurir ojek pangkalan, petani organik di Mojosari, dan lain-lain.

Selain praktis, Dolen juga mudah digunakan terutama untuk ibu rumah tangga dengan target usia 30 hingga 45 tahun. Hanya dengan tiga langkah sederhana, pelanggan sudah bisa mendapatkan barang yang diinginkan. 

“Ada tiga langkah OKe yang sudah kami tetapkan sebagai acuan, yaitu Order pesanan anda, Kirim uang kepada kami, dan eeeeeee tiba-tiba barang sudah diterima dengan baik dan benar,” ujar Chandra.

Dolen pun menyediakan layanan ekspres bagi pelanggannya. Semua pesanan sebelum pukul 12.00 akan dikirim pada hari dan tanggal berjalan dalam kurun waktu 24 jam, setelah mentransfer uang dan sudah terkonfirmasi oleh customer service (CS). Harga ditawarkan oleh Dolen cukup kompetitif bila dibandingkan dengan penyedia jasa layanan sejenis yang ada di masyarakat.

“Saat ini Dolen bisa diakses di DOLEN.co.id, ke depan aplikasi ini bisa diunduh di Playstore,” ucap mahasiswa ITS ini.

 

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.