Sukses

Sosok Kapolda Jatim Fadli Imran di Mata Ketua Golkar Jatim

Liputan6.com, Surabaya - Tampuk pimpinan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur (Jatim) berganti dari Irjen Pol Luki Hermawan diganti oleh Irjen Pol Muhammad Fadli Imran.

Pergantian tersebut disambut baik oleh Ketua DPD Golkar Jawa Timur M. Sarmuji yang juga Anggota DPR RI Komisi XI. Menurut dia, Kapolda Jatim yang baru, Muhammad Fadil Imran adalah seorang yang memiliki sikap humanis, seorang jenderal dengan visi modern dengan pengetahuan yang luas.

"Beliau memahami benar bagaimana menempatkan polisi sebagai pengayom masyarakat. Saya meyakini Jenderal Fadil akan mampu menjaga harmoni masyarakat Jawa Timur," tutur Sarmuji di Surabaya, ditulis Jumat, (8/5/2020).

Sarmuji menyampaikan, sosok Irjen Pol M Fadli ini juga pernah menangani Satgas Nusantara yang melakukan pengkondisian untuk menetralisir konflik pilkada dan intoleransi.

Perwira tinggi Polri lulusan Akpol 1991 tersebut juga akrab dengan dunia cyber mengingat kejahatan cyber sedang berkembang dengan pesat.

"Dengan pengalaman yang dimiliki oleh Jenderal Fadil, saya yakin beliau bisa mengatasi semua problem masyarakat di Jawa Timur," ujar Sarmuji yang juga berasal Dapil Tulungagung, Kediri, Blitar.

Sebelumnya, Polda Jawa Timur dipimpin Kapolda baru. Irjen Pol Mohammad Fadil Imran menggantikan Irjen Pol Luki Hermawan sebagai Kapolda Jawa Timur berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/1377/V/KEP./2020 tanggal 1 Mei 2020

Sebelumnya, Mohammad Fadil menjabat sebagai Sahlisosbud Kapolri menggantikan Irjen Pol Luki Hermasan yang kini diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakalemdiklat Polri.

"Benar ada mutasi di lingkup Polri sesuai dengan ST Kapolri," ujar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Kabid Humas Polda Jatim, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat, 1 Mei 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Bukan hanya jabatan Kapolda, sejumlah Kapolres di Jatim juga ikut dimutasi. Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho saat ini menjabat sebagai Penyidik Tindak Pidana Utama Tk II Bareskrim Polri.

Posisi sebagai Kapolrestabes Surabaya digantikan oleh Kombes Pol Johnny Eddizon yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolrestabes Medan, Polda Sumatera Utara.

Demikian pula Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak yang kini menjabat sebagai Wadirreskrimum Polda Metro Jaya.  Jabatan Kapolres Trenggalek sekarang diemban oleh AKBP Doni Satria Sembiring, yang sebelumnya menduduki posisi sebagai Kasubditbinsatpam atau Polsus Ditbinmas Polda Metro Jaya.