Sukses

86 Pedagang Reaktif COVID-19, Khofifah Segera Tutup Pasar Kota Bojonegoro

Kisahnya bermula dari seorang pedagang sayur di pasar itu yang setiap harinya pulang-pergi dari Surabaya ke Bojonegoro mengendarai sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memerintahkan Pasar Kota di Kabupaten Bojonegoro ditutup sementara selama tujuh hari, setelah sebanyak 86 pedagang dinyatakan reaktif atau positif menurut hasil rapid test atau pemeriksaan cepat virus corona (COVID-19).

"Kemarin Forkopimda Bojonegoro memutuskan untuk menutup sementara pasar selama dua hari. Saya minta ditutup sementara tujuh hari agar ada waktu yang cukup untuk dilakukan sterilisasi," kata Gubernur Khofifah pada konferensi pers di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat malam, 8 Mei 2020.

Mantan Menteri Sosial itu menilai penutupan Pasar Kota Bojonegoro selama tujuh hari terbilang cukup untuk dilakukan sterilisasi, salah satunya menggunakan cairan disinfektan, dilansir dari Antara.

"Sekalian nanti pasar dibuka kembali setelah hasil swab dari 86 pedagang yang rapid test-nya reaktif itu keluar," ujarnya.

Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Jawa Timur dr Kohar Hari Santoso SpAn menyebut bahwa Pasar Kota Bojonegoro menjadi klaster atau penularan baru COVID-19 di Jawa Timur.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi

Khofifah melanjutkan, bermula dari seorang pedagang sayur di pasar itu yang setiap harinya pulang-pergi dari Surabaya ke Bojonegoro mengendarai sepeda motor.

"Hasil rapid test-nya reaktif. Sudah di-swab, tapi hasilnya belum keluar dan beliau sekarang sudah meninggal dunia," ujarnya.

Selain itu, lanjut dr Kohar, seorang pedagang lainnya di Pasar Kota Bojonegoro jatuh sakit dengan hasil rapid test positif dan telah ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab, namun hasilnya belum keluar.

Dari dua kasus tersebut, kemudian dilakukan rapid test terhadap sebanyak 269 pedagang Pasar Kota Bojonegoro. Hasilnya, sebanyak 86 pedagang reaktif (positif) dan telah ditindak lanjuti dengan pemeriksaan swab.

"Terhadap 86 pedagang ini sudah dilakukan isolasi sambil menunggu hasil pemeriksaan swab-nya keluar," ucap dr Kohar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.