Sukses

Seorang Dokter di Kota Probolinggo Terpapar Corona COVID-19

Total pasien positif Corona COVID-19 di Kota Probolinggo sebanyak 11 orang hingga 10 Mei 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Pasien positif Corona COVID-19 bertambah satu orang sehingga total menjadi 11 orang di Probolinggo, Jawa Timur. Penambahan pasien yaitu seorang dokter di Kota Probolinggo, Jawa Timur, terkonfirmasi positif terinfeksi Corona COVID-19.

"Pasien positif COVID-19 di Kota Probolinggo bertambah satu orang dan itu menambah daftar pasien yang semula 10 orang menjadi 11 orang," ujar Wakil Wali Kota Mochammad Soufis Subri saat rilis melalui video conference (vidcon), ditulis Senin, (11/5/2020), seperti dikutip dari Antara.

Dia menuturkan, hal tersebut menjadi gambaran penyebaran Corona COVID-19 di Kota Probolinggo yang terus terjadi dan pasien yang terinfeksi virus corona juga berasal dari tenaga kesehatan yakni seorang dokter.

"Kami mengumumkan secara beruntun pada Sabtu, 9 Mei 2020 dan Minggu terkait tenaga kesehatan yang terinfeksi virus corona, karena menunggu hasil laboratorium yang dituju yaitu Universitas Airlangga Surabaya dan menunggu konfirmasi dari provinsi," tutur dia.

Ia menuturkan, tenaga kesehatan adalah benteng terakhir penyembuhan COVID 19 dan dua orang tenaga kesehatan di Kota Probolinggo itu diduga terpapar saat membantu proses persalinan atau konsultasi dengan pasien.

"Sejak melakukan rapid tes dan swab, kedua tenaga kesehatan tersebut sudah menjalani isolasi dan tracking. Sekali lagi kami imbau masyarakat untuk menyampaikan keadaan dirinya secara terbuka dan jujur," ujar dia.

Seluruh pihak yang berhubungan dengan tenaga kesehatan, agar menyampaikan keadaan dirinya secara terbuka dan jujur, sehingga tenaga kesehatan dapat melakukan standar operasional prosedur sesuai ketentuan.

"Apabila masyarakat tidak terbuka saat memeriksakan diri, maka akibatnya seperti dua hari terakhir yakni tenaga kesehatan di Kota Probolinggo akhirnya harus terpapar COVID-19," tutur dia.

Ia mengatakan, pihaknya sudah melakukan semua sesuai SOP, koordinasi dengan seluruh jajaran samping bagaimana mencegah penyebaran Corona COVID-19, sehingga pihaknya sungguh-sungguh berharap masyarakat mematuhi instruksi, aturan, ketentuan yang dikeluarkan pemerintah pusat dan daerah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Diimbau Tetap Disiplin

Menurut Subri, pemerintah cukup aman dan berhati-hati dalam bertindak, serta melakukan langkah-langkah agar rumah sakit yang menjadi tempat berkegiatan tidak menjadi klaster baru.

"Tempat praktik di rumah sakit swasta sudah di-lockdown, tenaga kesehatan juga sudah menjalani isolasi dan mereka tergolong OTG (Orang Tanpa Gejala)," ujar dia.

Ia berharap masyarakat yang pernah berhubungan dengan dua tenaga kesehatan tersebut bisa menghubungi puskesmas terdekat, sehingga masyarakat diminta melaporkan untuk memutus mata rantai COVID-19.

Saat vidcon yang juga live melalui akun facebook Pemerintah Kota Probolinggo itu disebutkan dalam waktu dekat akan mengundang semua rumah sakit di Kota Probolinggo untuk menyosialisasikan standar baru yang dimiliki RSUD dr Mohamad Saleh.

"Semua rumah sakit harus menyesuaikan standar tersebut sesuai dengan kemampuan masing-masing, agar tidak ada lagi tenaga kesehatan yang terpapar virus Corona," ujarnya.

Sementara itu Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan seperti wajib pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan ,dan rajin membersihkan tangan dengan sabun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.