Sukses

Kasus Positif Corona COVID-19 Bertambah Jadi 15 Orang di Jember

Seorang perawat di salah satu klinik di Jember menjalani uji cepat deteksi virus corona pada 29 April 2020 dengan hasil reaktif.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang perawat di salah satu klinik di Kabupaten Jember, Jawa Timur, terkonfirmasi positif terjangkit Corona COVID-19. Ini menambah jumlah pasien yang terpapar COVID-19 di wilayah setempat menjadi 15 orang.

"Pasien positif ke-15 merupakan warga Desa Baletbaru, Kecamatan Sukowono, dan statusnya orang tanpa gejala (OTG)," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jember Gatot Triyono di Jember, Minggu malam, 10 Mei 2020, seperti dikutip dari Antara.

Dia menuturkan, pasien yang terkonfirmasi positif Corona COVID-19 itu tidak memiliki riwayat bepergian dari luar kota, sehingga petugas terus melacak untuk mengetahui sumber penularan terhadap perawat tersebut.

"Kemungkinan perawat di salah satu klinik di Jember itu melakukan kontak erat dengan kasus di Bondowoso yang terkonfirmasi positif," ujar dia.

Ia menuturkan, seorang perawat di salah satu klinik di Jember menjalani uji cepat deteksi virus corona baru yang sebabkan COVID-19 pada 29 April 2020 dengan hasil reaktif. Kemudian dilakukan swab di Rumah Sakit Paru dan hasilnya dinyatakan terpapar virus corona baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan COVID-19 pada 10 Mei 2020.

"Kami imbau masyarakat menerapkan protokol kesehatan dengan benar, yakni menggunakan masker apabila keluar rumah, menerapkan physical dan social distancing, dan mencuci tangan dengan sabun," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data Gugus Tugas COVID-19

Berdasarkan data Gugus Tugas penanganan COVID-19 di Jember mencatat jumlah pasien positif COVID-19 sebanyak 15 orang, kemudian pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 111 orang, dan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 1.217 orang.

Dari 15 orang yang terkonfirmasi positif di Kabupaten Jember, sebanyak satu orang dinyatakan sembuh dan sisanya menjalami rawat inap di sejumlah rumah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.