Sukses

Seorang Balita Sembuh dari Corona COVID-19 di Probolinggo

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo menyatakan, balita yang sudah sembuh dari Corona COVID-19 tetap akan diawasi dan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang anak balita yang terkonfirmasi positif Corona COVID-19 di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, dinyatakan sembuh usai menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tongas sejak 26 April 2020.

"Balita berusia 1,5 tahun asal Kecamatan Dringu, tersebut dinyatakan sembuh setelah hasil swabnya dua kali negatif," ujar Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr Anang Budi Yoelijanto dalam keterangan tertulis, seperti dikutip dari Antara, Senin (11/5/2020).

Dia menuturkan, hasil swab pertama pasien balita tersebut terkonfirmasi positif COVID-19, kemudian setelah dievaluasi dan dilakukan swab kedua dan ketiga, hasil swab kedua dan ketiga negatif.

"Kondisi yang bersangkutan bagus dan sehat, makanya kami pulangkan. Untuk penyakit lainnya yang diderita balita  itu tidak ada," ujar dia.

Setelah dinyatakan sembuh, lanjut dia, pasien balita tersebut tetap akan diawasi. Selain itu juga harus melakukan isolasi mandiri di rumah karena social distancing terus dilakukan agar tidak tertular lagi karena sampai saat ini sumber penularannya masih belum ditemukan.

Saksikan Video di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Unik

Meskipun kakeknya ikut terkonfirmasi positif, lanjutnya, asumsinya justru kakeknya yang tertular dari cucunya, sehingga pihaknya benar-benar masih buta untuk tracing penularan pasien balita tersebut.

"Informasi-informasi yang masuk juga tidak kuat karena hasilnya juga negatif, sehingga untuk kasus balita positif itu memang unik dan belum ditemukan tertular dari mana," kata dia.

Dengan sembuhnya satu orang pasien positif COVID-19, saat ini masih ada 24 orang yang sedang menjalani isolasi di rumah sakit dan rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo. "Sesuai protokol kesehatan, pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh apabila hasil swabnya dua kali negatif," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.