Sukses

Perpanjangan PSBB Surabaya Raya, Kegiatan Produksi Sampoerna Rungkut Mulai 2 Juni

Kegiatan produksi Sampoerna di Rungkut, Surabaya, Jawa Timur akan kembali dimulai pada 2 Juni 2020.

Liputan6.com, Jakarta - PT HM Sampoerna Tbk memutuskan menghentikan sementara kegiatan produk di dua pabriknya yaitu Rungkut 1 dan Rungkut 1, Surabaya, Jawa Timur hingga 1 Juni 2020. Kegiatan produksi akan kembali dimulai pada 2 Juni 2020.

Keputusan ini telah dikoordinasikan dengan Pemerintah dan Gugus Tugas Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur dengan pertimbangan menyeluruh untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Surabaya Raya dalam mengendalikan dan menghentikan penyebaran COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur. Demikian mengutip dari keterangan tertulis, Rabu (13/5/2020).

Dengan keputusan ini, akan memberikan waktu bagi seluruh karyawan Sampoerna yang berlokasi di Surabaya untuk tetap di rumah selama masa perpanjangan PSBB berlangsung yang juga bertepatan dengan masa Idul Fitri. Meskipun karyawan Sampoerna di Surabaya tidak melakukan kegiatan produksi, mereka tetap menerima gaji secara penuh, termasuk menerima Tunjangan Hari Raya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya pemerintah dan Gugus Tugas, yang selalu mendukung, membantu dan bergotong royong untuk menekan dan mencegah penyebaran COVID-19. Keputusan kami untuk menghentikan kegiatan produksi selama tiga minggu ini adalah bentuk dukungan kami untuk ikut memutus tali penyebaran COVID-19 di Surabaya,” ujar Direktur Sampoerna Elvira Lianita.

Ia menambahkan, dua fokus utama Sampoerna saat ini memberikan upaya dan dukungan bagi karyawan terdampak COVID-19. Hal ini agar karyawan mendapatkan perawatan medis yang tepat dan dapat segera sehat.

"Dan fokus berikutnya adalah memberikan semangat positif, motivasi dan edukasi bagi seluruh karyawan agar mereka patuh menerapkan protokol kesehatan dan gaya hidup sehat sesuai anjuran Pemerintah,” ujar dia.

Dengan penghentian sementara kegiatan produksi di dua fasilitas pabrik di Surabaya, Sampoerna tetap menjamin ketersediaan pasokan produknya. Saat ini, empat fasilitas produksi Sampoerna lainnya masih beroperasi.

Tidak sampai di situ, Sampoerna berkomitmen untuk selalu memastikan kualitas tertinggi dan integritas merek atas produk-produk Sampoerna yang dihasilkan untuk konsumen dewasa melalui penerapan protokol kesehatan ketat yang tentunya dibarengi dengan penerapan Cara Berproduksi yang Baik (Good Manufacturing Practices).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Gaji Penuh dan THR

Seluruh fasilitas produksi Sampoerna tersebut telah mendapatkan izin operasional dan mobilitas kegiatan industri (IOMKI) dan secara berkala, Sampoerna juga melaporkan pelaksanaan kegiatan industri kepada Kementerian Perindustrian RI.

Elvira juga menjelaskan, selain menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan, Sampoerna juga berkomitmen untuk menjamin stabilitas ekonomi karyawannya.

Elvira menyampaikan komitmen Sampoerna untuk tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) selama masa pandemi ini dan memberikan gaji secara penuh, termasuk menerima Tunjangan Hari Raya. 

"Komitmen Sampoerna terkait penerapan protokol kesehatan yang ketat, serta jaminan stabilitas pekerjaan dan penghasilan karyawan ini sejalan dengan himbauan Pemerintah agar semua pihak bergotong royong, saling membantu dan melakukan upaya terbaik agar Indonesia segera keluar dari situasi pandemi COVID-19 dengan tetap menjaga stabilitas sosial ekonomi," kata dia.

Sampoerna menegaskan komitmennya untuk terus berpartisipasi aktif dan memberikan upaya terbaik bagi karyawan, mitra usaha, konsumen dewasa, serta masyarakat luas sebagai wujud sumbangsih perusahaan untuk ikut menjaga Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.