VIDEO: Angin Kencang di Pantai Utara Tuban, Hancurkan 10 Kapal Nelayan

VIDEO: Angin Kencang di Pantai Utara Tuban, Hancurkan 10 Kapal Nelayan

Angin kencang dan gelombang tinggi memorak porandakan puluhan kapal nelayan yang disandarkan di pelabuhan Desa Palang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Sebelumnya, hujan lebat mengguyur kawasan ini selama 3 jam sebelum gelombang laut menerjang. Akibatnya, sedikitnya 10 kapal nelayan rusak parah. Kuatnya gelombang membuat jangkar kapal tidak mampu menahan kapal, sehingga kapal-kapal tersebut saling berbenturan satu sama lain, yang mengakibatkan lambung kapal pecah dan tenggelam.

Untuk mengurangi kerugian lebih banyak, para nelayan berusaha menyelamatkan barang-barangnya yang ada di kapal, seperti, bahan bakar, alat tangkap ikan, peralatan masak, serta perbekalan untuk berlayar agar tidak ikut tenggelam. Berikut videonya pada Liputan6, 11 Mei 2020.

"Ada sekitar 10 kapal yang tenggelam, dengan ukuran kapal sekitar 30 Gt, untuk kerugiannya per kapal 500 -- 800 juta," ujar As'ad, salah satu nelayan.

Hingga Minggu siang, kapal-kapal nelayan tersebut masih berada di sekitar pelabuhan Desa Palang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Kapal-kapal itu pecah setelah berbenturan dengan kapal lainnya.

Kuatnya tiupan angin, serta tingginya gelombang air laut, membuat para nelayan tidak bisa menyelamatkan kapal-kapalnya saat kejadian pada malam hari sebelumnya. Akibat kejadian tersebut, para nelayan mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 13 May 2020, 23:30 WIB

Video Terkait

Spotlights