Sukses

Jalan Tol Jatim Tetap Buka untuk Persiapan Lebaran

Jalan tol di wilayah Jatim, termasuk Surabaya, yang dikelola Jasa Marga dipastikan tetap buka untuk menghadapi Lebaran 2020, sekalipun berlangsung di tengah pandemi Corona Covid-19.

Liputan6.com, Surabaya Jalan tol di wilayah Jatim yang dikelola Jasa Marga dipastikan tetap buka untuk menghadapi Lebaran 2020, sekalipun berlangsung di tengah pandemi Corona Covid-19. Keberadaan Jasa Marga Grup Jatim meliputi, Representative Office 3 JTT, PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri, PT Jasamarga Surabaya Mojokerto, PT Jasamarga Pandaan Tol, PT Jasamarga Gempol Pasuruan dan PT Jasamarga Pandaan Malang serta PT Jasamarga Related Business Wilayah V Jatim.

“Kami memprediksi peningkatan volume lalu lintas akan terjadi pada tanggal 21 Mei 2020 untuk puncak lalu lintas yang meninggalkan Surabaya,” ujar Hendri Taufik, General Manager Representative Office 3 Jasamarga Transjawa Tollroad (JTT) Ruas Surabaya-Gempol, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (15/5/2020).

Ia menyebutkan ada total 113 gardu dari keseluruhan Gerbang Tol (GT) pada ruas Surabaya-Gempol yang akan dioperasikan pada saat Lebaran tahun ini. Menurut Hendri, terdapat empat titik yang berpotensi terjadi antrean di ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol, yaitu di GT Kejapanan Utama, GT Sidoarjo, sekitar Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) 754 A dan TIP 753 B serta di GT Waru Utama.

Untuk memastikan layanan operasional tetap berjalan baik, JTT menyiapkan langkah antisipatif jika terjadi antrean kendaraan atau kepadatan lalu lintas seperti percepatan penanganan gangguan, distribusi beban lalu lintas (pengalihan rute di tol atau ke arteri) serta optimalisasi kapasitas jalur (contraflow).

"Kami juga akan menyiagakan pelayanan derek, rumah sakit, pos keamanan, PMI, bengkel, SPBU, pemadam kebakaran," ucapnya.

Ia menuturkan sampai saat ini JTT ruas Surabaya-Gempol masih melakukan pekerjaan konstruksi di lapangan untuk memastikan jalan tol selalu terpelihara dan memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.