Sukses

Hasil Tes Swab Hanya 45 Menit di RSUD dr Mohammad Saleh Probolinggo

Alat itu mulai digunakan untuk melakukan empat pemeriksaan bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang berada di Lab biomokuler PCR RSUD dr Mohammad Saleh.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Mohamad Saleh Kota Probolinggo, Jawa Timur, mendatangkan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) dari Korea Selatan untuk pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik virus corona untuk tes swab pasien COVID-19.

Pemeriksaan Corona COVID-19 dengan alat ini juga lebih cepat keluar hasilnya hanya dalam 45 menit. "Alhamdulillah di RSUD dr Mohamad Saleh ada alat yang sangat dibutuhkan untuk mempercepat hasil uji sampel pasien yang ditengarai terpapar COVID-19 dan insya-Allah 45 menit sudah bisa diketahui hasilnya," ujar Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin saat meninjau operasional perdana PCR tersebut di RSUD setempat, Rabu, 20 Mei 2020, seperti dikutip dari Antara.

Alat itu mulai digunakan untuk melakukan empat pemeriksaan bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang berada di Lab biomokuler PCR di ruang minilab lantai 2 Poli RSUD dr Mohamad Saleh Kota Probolinggo.

"Dengan adanya PCR itu, RSUD tidak lagi memeriksakan swab keluar kota yang memakan waktu 3 sampai 4 hari menunggu hasilnya dan satu alat TCM itu dalam sehari bisa memeriksa sampai 250 orang," ujar dia.

Apabila seseorang telah dilakukan tes cepat dengan hasil reaktif dan ada tanda-tanda mengarah ke COVID 19, yang bersangkutan akan dilakukan tes swab.

"RSUD dr Mohamad Saleh siap menerima pemeriksaan dari luar daerah, namun perawatan pasien tetap kewenangan masing-masing daerah dan kalau tes mandiri ada biayanya," tutur dia.

Saksikan Video di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Khusus Diagnosa COVID-19

Plt Direktur RSUD dr Mohamad Saleh Kota Probolinggo dr Abraar HS Kuddah menuturkan, alat buatan Korea Selatan yang dimiliki RSUD itu khusus mendiagnosa COVID-19.

"Di dalam alat itu ada dua reagen yang bisa diagnosis apabila di tubuh terdapat virus, kemudian dipertajam lagi dengan satu reagen tertuju pada adanya COVID-19," ujar dia.

Ia mengatakan, alat tersebut real time PCR, sehingga ada TCM (Tes Cepat Molekuler) dan ada real time. Real time tersebut sensitifitasnya lebih tinggi dari TCM.

"Real time yang bisa menegakkan diagnostik dalam tubuh pasien terdapat COVID-19 dalam waktu 45 menit dan akurasinya 99,99 persen menurut para ahli yang mengesahkan dan menyatakan alat itu boleh beredar," tutur dia.

Dia menuturkan, harga alat yang diperkirakan sekitar Rp1 miliar itu dapat dimanfaatkan oleh pasien umum yang ingin tes mandiri dengan biaya Rp1.750.000, namun kalau sudah ODP tanpa dipungut biaya alias gratis.

"Tenaga medis yang bertugas di pemeriksaan PCR sebanyak delapan orang terdiri dari dua dokter spesialis patologi klinik, empat analis medis dan dua petugas yang mengambil swab melalui lendir di bawah hidung dan tenggorokan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.