Sukses

BMKG Juanda: Surabaya Berpotensi Cerah Berawan hingga Malam Hari

BMKG Juanda prediksi Surabaya akan cerah berawan dari siang hari hingga malam hari pada pukul 19.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi, sebagian besar wilayah di Surabaya, Jawa Timur akan cerah berawan pada Sabtu, (23/5/2020).

Mengutip laman BMKG Juanda, Surabaya akan cerah berawan dari siang hari hingga malam hari pada pukul 19.00 WIB. Sedangkan pada pukul 22.00 WIB, cuaca di Surabaya akan cerah. Suhu di Surabaya akan berada di kisaran 26-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban di kisaran 60-90 persen.

Di Sidoarjo, cuaca akan cerah berawan pada siang hari pukul 13.00 dan sore hari pukul 16.00 WIB. Sedangkan malam hari cenderung cerah. Suhu di Sidoarjo akan berada di kisaran 25-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 65-95 persen.

Sementara itu, cuaca di Lamongan akan cerah berawan hingga malam hari pada pukul 19.00 WIB. Sedangkan pada pukul 22.00 WIB, cuaca akan cerah. Suhu di Lamongan akan berada di kisaran 25-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban 60-95 persen.

Di Gresik, cuaca akan cerah berawan hingga pukul 19.00 WB. Pada pukul 22.00 WIB, cuaca akan cerah. Suhu di Gresik akan berada di kisaran 26-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 60-90 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Intensitas Curah Hujan di Jawa Timur

Selain itu, BMKG Juanda juga merilis mengenai masih tingginya intensitas curah hujan di Jawa Timur pada pertengahan Mei disebabkan oleh suatu fenomena berupa gelombang atmosfer yang dikenal dengan istilah gelombang equatorial Rossby.

"Gelombang ekutorial Rossby ini memilliki karakteristik membawa massa udara bersifat basah, memiliki pola gerakan siklonik atau berputar masuk ke dalam pusat pusaran, dan bergerak di atmosfer sepanjang wilayah sekitar ekuator dari arah timur menuju ke barat,” demikian tertulis dari keterangan BMKG Juanda.

Dengan karakteristik itu, wilayah yang dilalui oleh gelombang ekuatorial rosbby itu akan sering alami kondisi cuaca hujan dan setidaknya mendung. Diperkirakan gelombang ekuatorial Rossby sudah meninggalkan wilayah Jawa Timur pada 22 Mei.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.