Sukses

PMI Bakal Kirim Tambahan Armada Gunner ke Jatim

Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjend Doni Monardo meminta dukungan PMI untuk mengerahkan sebagian armada atau gunner ke Jawa Timur untuk penyemprotan disinfektan.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala BNPB yang juga merupakan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjend Doni Monardo meminta dukungan armada mobil gunner Palang Merah Indonesia (PMI) untuk menyemprot disinfektan di wilayah Jawa Timur yang saat ini mengalami kenaikan penderita COVID-19 cukup signifikan. 

Permintaan tersebut disampaikan Doni saat mengunjungi Gudang Darurat Penanganan Covid-19 Palang Merah Indonesia (PMI) di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat, 22 Mei 2020.

"Strategi yang sudah dilakukan PMI dengan melakukan penyemprotan disinfektan sangat strategis, sangat membantu untuk memutus mata rantai penularan. Untuk itu setelah Lebaran ini kami akan minta dukungan Palang Merah Indonesia untuk mengerahkan sebagaian armadanya (Gunner) ke Jawa Timur untuk memberikan penyiraman cairan disinfektan yang juga sekaligus tentunya diharapkan bisa lebih efektif terutama di jalan jalan dan juga di area publik termasuk rumah ibadah, atau di tempat yang pernah terjadi penularan” ujar Doni, seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Pada kesempatan sama Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (JK) mengatakan PMI akan selalu siap siaga dengan fasilitas yang dimilikinya untuk membantu pemerintah memerangi COVID-19.

"Kita bekerja bersama, membantu pemerintah membantu masyarakat secara keseluruhan, karena ini perang total. Semua orang mempunyai tanggung jawab. Masyarakat tugasnya tinggal dan kerja di rumah, dan berusaha mencegah penularannya. Dan bagi yang mampu berbuat sesuatu harus berusaha memerangi virus ini secara bersama sama,” ujar dia.

"Karena itu PMI berkenan dengan fasilitas ada mencegah dampaknya mengurangi penularannya, mitigasi yang keras. Supaya seluruh Indonesia aman,” ia menambahkan.

Saksikan Video di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakal Kirim Tambahan Armada Gunner

Komite operasi pencegahan COVID-19, Husain Abdullah menuturkan terkait teknis dukungan armada Gunner PMI ke Jawa Timur, PMI akan mengirimkan lima armada gunner tambahan untuk memperkuat dua armada yang sebelumnya telah beroperasi di Surabaya dan sekitarnya.

"PMI akan segera mengirim tambahan 5 unit Gunner untuk memperkuat 2 armada yang sebelumnya telah beroperasi di kota Surabaya dan sekitarnya. Sehingga total Gunner yang beroperasi di Provinsi jawa timur menjadi 7 unit. Semoga  pengoperasian Gunner tersebut, dapat memutus mata rantai penularan Covid-19 di Surabaya dan sekitarnya," ujar Husain.

Palang Merah Indonesia saat ini memiliki puluhan armada mobil Gunner dengan kapasitas 5.000 liter yang dapat menyemprotkan cairan disinfektan secara massif.  Upaya penyemprotan dengan menggunakan mobil gunner dianggap sangat efektif untuk membunuh virus pada area publik yang ditengarai sebagai tempat belabuhnya virus, sehingga mata rantai penularan virus dapat diputus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.