Sukses

Habib Umar Assegaf dan Petugas Gabungan Sepakat Damai

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol, Trunoyudo Wisnu Andiko menuturkan, ada mediasi antara Habib Umar Abdullah Assegaf dengan petugas gabungan PSBB sehingga kedua belah pihak sudah memaafkan.

Liputan6.com, Surabaya - Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol, Trunoyudo Wisnu Andiko menyampaikan, pihaknya melakukan mediasi antara Habib Umar Assegaf dan petugas Satpol PP Samadi di kantor pusat yayasan Roudhotussalaf, Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. 

"Iya benar, kemarin malam sekitar pukul setengah sebelas malam," ujar Trunoyudo, Sabtu (23/5/2020). 

Trunoyudo menegaskan, mediasi yang disaksikan oleh Dir Intelkam Polda Jatim, Kapolres Pasuruan, Kasat Intelkam Polrestabes Surabaya, Kabid Tibum Teranmas Sat Pol PP Kota Surabaya dan Camat Dukuh Pakis Kota Surabaya, sehingga kedua belah pihak sepakat untuk islah atau saling memaafkan. 

"Islah atau saling memaafkan terkait kejadian di chekpoint PSBB exit tol Darmo Satelit Surabaya pada hari Rabu tanggal 20 Mei 2020. Serta bersedia untuk mengklarifikasi melalui media bahwa permasalahan tersebut sudah diselesaikan dengn jalur islah atau kekeluargaan," ujar dia

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol, Trunoyudo Wisnu Andiko menuturkan, ada mediasi antara Habib Umar Abdullah Assegaf dengan petugas gabungan PSBB sehingga kedua belah pihak sudah memaafkan.

Hal ini terkait kedua belah pihak sempat adu fisik di check point atau titik pemeriksaan di Exit Tol Satelit Surabaya, Jawa Timur pada Rabu, 20 Mei 2020.

“Kepada Habib Umar Abdullah Assegaf, sudah kita lakukan komunikasi dan koordinasi dengan Kapolres Pasuruan Kabupaten. Kemudian juga dengan yang Satpol Kota, kita juga melakukan pendekatan melalui Polrestabes Surabaya. Maka dalam hal ini kita ambil bagaimana hikmahnya,” ujar dia, Jumat, 22 Mei 2020.

Trunoyudo menuturkan, berdasakan hasil koordinasi, diperoleh informasi, kedua belah pihak sama-sama memaafkan.

"Sebenarnya keduabelah pihak sudah menyatakan untuk saling memaafkan, harapannya juga tanpa syarat. Artinya, semua yang terjadi ini tujuannya untuk menyelamatkan masyarakat dan juga keluarganya dan masyarakat yang lainnya (dari penularan virus corona)," kata dia. 

Di media sosial instagram pun beredar video permintaan maaf dari petugas PSBB tersebut kepada Habib Umar Assegaf. Video berdurasi sekitar empat menit itu juga menunjukkan petugas PSBB meminta maaf kepada Habib Umar Assegaf. Dalam video tersebut menunjukkan Habib Umar Assegaf pun memaafkan dan saling bersilaturahmi jelang Lebaran.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada Kesalahpahaman

Menurut Trunoyudo, apa yang terjadi di lapangan saat itu kesalahpahaman antara petugas PSBB dengan Habib Umar Assegaf. Hal itu terkait upaya mencegah penularan COVID-19.

Jika melihat video yang viral, anggota Kepolisian Lalu Lintas Polrestabes Surabaya sudah coba menengahi kendati bersitegang tetap terjadi. Tentu saja kejadian itu akan menjadi bahan evaluasi pada pelaksanaan PSBB ke depan.

Terkait tindaklanjut secara hukum, Trunoyudo mengatakan, ada laporan atau tidak ada laporan kepolisian sudah pasti mendalami. Namun, tentu saja pendekatan persuasif lebih dikedepankan. 

"Dengan adanya Bulan Ramadan, bulan berkah ini, saling memaafkan, dan keduabelah pihak juga sudah menyatakan saling memaafkan," tutur dia.

Di luar itu, kepolisian mengamati ada pihak-pihak tertentu yang coba memboncengi peristiwa heboh tersebut dan dimanfaatkan untuk memperkeruh suasana. 

"Kita akan melakukan patroli siber, kita optimalkan melalui Direktorat Intelkam Polda Jawa Timur dan juga humas. Kita akan melihat konten-konten yang bersifat ujaran kebencian, SARA, kemudian berita bohong, (karena) ini sudah mulai banyak. Tentu ini menjadi bagian penyelidikan kita," ucap Trunoyudo. 

3 dari 3 halaman

Video Viral Pelanggar PSBB di Pintu Tol Keluar Satelit Surabaya, Ini Kata Polda Jatim

Sebelumnya, video insiden pelanggar pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di cek poin pintu keluar Tol Satelit Surabaya yang viral di media sosial pun mendapat tanggapan dari Polda Jatim. Dalam video itu tampak seorang laki-laki bersitegang dengan petugas karena mobil yang ditumpanginya dipaksa putar balik.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko membenarkan insiden tersebut. Jika dilihat dari pelat nomor kendaraan, laki-laki bergamis penumpang mobil sedan Camry itu adalah Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil, Pengasuh Majelis Roudhotus Salaf, Bangil, Pasuruan.

“Insiden bermula ketika petugas menghentikan mobil tersebut yang melaju dari arah Malang dan keluar di pintu keluar Tol Satelit Surabaya dan petugas melakukan pemeriksaan karena pelat mobil adalah N (Pasuruan), bukan L (Surabaya) dan W (Sidoarjo atau Gresik),” ujar Truno, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis, 21 Mei 2020.

Alasan lain mobil dihentikan ialah sopir tidak menggunakan masker dan kapasitas penumpang melebihi empar orang. Oleh karena itu, maka petigas gabungan pun meminta pengemudi dan pemilik mobil untuk putar balik karena melanggar PSBB yang berlaku di Surabaya.

Menurut Truno, petugas sudah meminta pemilik mobil berputar dengan cara baik-baik. Namun, cara humanis petugas direspons oleh pria bergamis itu dengan kata-kata kasar. 

Kabid Humas Polda Jatim itu juga meminta semua elemen masyarakat belajar dari insiden ini untuk memahami dan memaklumi aturan protokol kesehatan yang bertujuan mencegah penularan Corona Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.