Sukses

Kantor Pertanahan Surabaya II Bakal Terapkan Skenario New Normal

Sejak kantor pertanahan Surabaya II Jawa Timur mulai operasi pada pelayanan hari pertama, semua pegawai dan pemohon wajib patuhi protokoler kesehatan untuk terapkan skenario new normal.

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Pertanahan Surabaya II Jawa Timur bersiap menerapkan skenario normal baru (new normal) sehingga menyesuaikan kondisi. Hal itu dilakukan dengan mematuhi aturan protokol kesehatan dan kebersihan untuk pencegahan COVID-19 pada seluruh segi pelayanannya.

"Kita tidak tahu sampai kapan pandemik ini berakhir, sedangkan kami harus tetap memberikan pelayanan sehingga menyesuaikan atau bersiap dengan pelayanan normal baru," tutur Kepala Kantor Pertanahan Surabaya II Lampri A Ptnh di Surabaya, Selasa, (26/5/2020).

Dia menuturkan, new normal berarti bukan menyerah, tapi berdamai dengan COVID-19 dan memberikan pelayanan dengan menyesuaikan kondisi saat ini.

Dengan menerapkan protokoler kesehatan, kata dia, aktivitas berjalan seperti biasa meski di tengah pandemi COVID-19. Sejak kantor mulai beroperasi atau pada pelayanan hari pertama, semua pegawai maupun pemohon diwajibkan mematuhi protokoler kesehatan, seperti penggunaan masker, mencuci tangan dengan sabun, penyiapan cairan pembersih tangan hingga pengecekan suhu badan.

"Jika ditemukan suhu lebih besar 37,5 derajat celcius di dua kali pemeriksaan dalam kurun lima menit maka tidak diperkenankan masuk dan kami minta melakukan pemeriksaan kesehatan," kata dia.

Di masa pandemi Corona COVID-19 ini, lanjut dia, Kantor Pertanahan Surabaya II akan memberikan layanan secara elektronik meliputi pengecekan zona nilai tanah (ZNT), SKPT, hak tanggungan atau roya hingga peralihan hak karena jual beli.

"Masyarakat bisa antre dari rumah sehingga pemohon mendapatkan nomor antrean, lalu mendapat kepastian hari, tanggal, jam untuk datang ke kantor demi menghindari kerumunan pemohon," kata mantan Kepala Kantor Pertanahan Bojonegoro tersebut.

Selain itu, pihaknya juga telah menyediakan aplikasi help desk untuk memudahkan masyarakat apabila mengalami hambatan-hambatan dalam pelayanan pertanahan tanpa tatap muka, seperti cek plot bidang, validasi bidang, validasi sertifikat dan lainnya.

Sedangkan, untuk layanan konsultasi dapat dilakukan melalui skype (konferensi video) yang telah disediakan di ruang konseling dan melalui WhatsApp di nomor 081357213802 serta 0815575006774.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melalui SMS Blazing

Sementara itu, Kasi Hubungan Hukum Pertanahan Kantah Surabaya II Wawas Setiawan menambahkan informasi layanan pertanahan pada masyarakat umum juga telah diinformasikan melalui SMS Blazing.

Tak itu saja, bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi persyaratan permohonan dan biaya PNBP, ploting bidang, informasi berkas dan lain-lain bisa diakses melalui aplikasi "Sentuh Tanahku".

"Kami juga telah menyiapkan layanan pengaduan untuk masyarakat melalui #tanyaatrbpn di twitter, instagram dan facebook," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.