VIDEO: Petugas Bermediasi dengan Seorang TKA yang Menolak Kembali ke Negaranya

VIDEO: Petugas Bermediasi dengan Seorang TKA yang Menolak Kembali ke Negaranya

Dengan melambaikan tangan, tenaga kerja asing asal China ini berupaya menegaskan ia tidak mau dipulangkan ke negerinya. Setelah gagal membujuk, petugas pun bertindak lebih tegas untuk membawanya ke terminal keberangkatan Bandara Banyuwangi. Berikut simak videonya pada Liputan6, 26 Mei 2020.

Namun, TKA bermarga Chui ini tetap mengelak dan bersembunyi di kolong bus. Petugas terus membujuknya, tidak terkecuali Kapolsek Rogojampi, Kompol Agus Setyobudi. Setelah 6 jam berlalu, pria tenaga kerja asal China itu akhirnya bersedia keluar dari kolong bus dan dibawa menuju terminal bandara.

Saat 146 rekannya menjalani proses imigrasi untuk pemulangan, pria itu lagi-lagi memberontak. Sejatinya ada 150 tenaga kerja asal China yang harus pulang, karena izin tinggalnya sudah habis. Namun, tiga orang batal diberangkatkan, karena hasil tes Covid-19 nya belum selesai, dan satu orang yang menolak dipulangkan.

"Kami dari pihak bandara melakukan koordinasi dengan rekan-rekan TNI Polri, Imigrasi untuk menangani WNA tersebut," jelas Heru Karyadi, Executive General Manager Bandara Banyuwangi.

Pria tenaga kerja asing itu, hingga Senin malam masih dalam penanganan polisi bersama Imigrasi. Kepada petugas, pria itu mengklaim masih ada masalah administratif yang belum selesai dengan perusahaan tempatnya bekerja yakni di salah satu pabrik semen di Kabupaten Jember. Oleh karena itu, ia menolak dipulangkan, sedangkan 146 rekannya telah bertolak ke Jakarta dan melanjutkan penerbangan menuju China.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 27 May 2020, 22:00 WIB

Video Terkait

Spotlights