Sukses

Riwayat Penularan Corona Covid-19 Tenaga Kesehatan di Probolinggo Belum Terlacak

Liputan6.com, Surabaya Tenaga kesehatan yang tertular Corona Covid-19 di Kabupaten Probolinggo bertambah. Lima orang tenaga medis yang bekerja di kabupaten ini menambah deretan tenaga medis yang positif Covid-19 menjadi 21 orang.

Kelima pasien baru yang terkonfirmasi positif Corona Covid-19 itu masuk dalam klaster tenaga kesehatan terdiri dari tiga orang dari RSUD Tongas, satu orang dari RSUD Waluyo Jati Kraksaan, dan satu orang dari Puskesmas Wangkal.

“Kondisi mereka sehat dan menjalani isolasi di rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo,” ujar Anang Budi Yoelijanto, Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, seperti yang dikutip dari Antara, Rabu (27/5/2020).

Ia memaparkan sumber penularan tenaga kesehatan yang berada di RSUD Tongas berasal dari kontak erat dengan tenaga kesehatan sebelumnya yang sudah terkonfirmasi positif Corona Covid-19, sehingga masuk dalam penularan horizontal.

Sementara dari RSUD Waluyo Jati Kraksaan dan Puskesmas Wangkal, masih belum diketahui sumber penularannya. Ia memprediksi masuk dalam penularan horizontal karena tidak bisa dilacak asalnya.

"Bisa saja penularannya melalui antar-rekan kerja yang sudah terkonfirmasi positif Corona Covid-19 sebelumnya dan sebelumnya juga sudah pernah dilakukan penelurusan terhadap orang-orang tersebut," ucap Anang.

Ia juga mengingatkan kepada semua tenaga kesehatan, termasuk pejabat dan pimpinan layanan kesehatan di Probolinggo untuk melaksanakan protokol-protokol pemeriksaan. Protokol kesehatan juga harus dilakukan secara tertib dalam rumah tangga dan akivitas sehari-hari, tidak hanya di lingkungan pekerjaan.

 

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: