VIDEO: Dua Truk Terseret Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru

VIDEO: Dua Truk Terseret Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru

Beginilah kondisi dua truk penambang pasir milik Mito dan Wawan, warga Desa Pandan Arum, Kecamatan Tempeh, Lumajang. Usai terseret lahar dingin dari Gunung Semeru di Sungai Mujur, desa setempat.

Kejadian itu bermula, saat korban bersama pekerja tambang lainnya, melakukan aktivitas penambangan pasir, tiba-tiba saja banjir lahar dingin dari Gunung Semeru datang dan menyeret kedua truk tersebut hingga 10 meter. Berikut videonya pada Liputan6, 30 Mei 2020.

Sang sopir dan pekerja lainnya pun langsung menyelamatkan diri. Selain truk, dua unit motor dan mesin diesel milik penambang pasir juga hanyut. "Banjirnya besar mendadak dari Semeru," kata Sardi, Penambang Pasir.

Petugas BPBD Kabupaten Lumajang pun menghimbau para penambang pasir untuk menghentikan aktivitasnya, ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi, karena dikhawatirkan terjadi banjir lahar dingin.

"Kita sudah turunkan relawan dan anggota TRC untuk memberikan informasi di setiap rumah yang ada di bantaran sungai di empat DAS (daerah aliran sungai) itu dan penambang kalau sudah mendung dan turun hujan diharapkan tidak nambang dulu," ujar Wawan Hadi Siswono, BPBD Lumajang.

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, tetapi akibat kejadian ini korban ditaksir mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. Kedua truk pasir yang terseret lahar dingin Gunung Semeru, kemudian dievakuasi menggunakan sebuah eskavator.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 31 May 2020, 18:57 WIB

Video Terkait

Spotlights