Sukses

VIDEO: Tambang Batu Kapur di Tuban Runtuh, Tak Ada Korban Jiwa

Liputan6.com, Jakarta - Rekaman video amatir yang memperlihatkan detik-detik tambang di Desa Leran Kulon, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, runtuh. Beruntung saat peristiwa ini berlangsung, para pekerja tambang sedang libur, sehingga tak menimbulkan korban jiwa.

Namun, rumah gardu listrik hancur, lantaran tertimpa bongkahan batu. Serta beberapa alat tambang hancur tertimbun reruntuhan batu. Runtuhnya lokasi penambangan batu ini diduga disebabkan pola penambangan yang mengabaikan keselamatan kerja.

Sehingga tebing-tebing yang menjulang tinggi tak ada lagi penyangganya, selain itu hujan deras yang terjadi juga membuat air hujan terus masuk ke rongga tebing yang retak-retak.

Perangkat desa dan relawan dari Tagana desa setempat langsung datang ke lokasi, untuk memastikan kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Selain itu, pemerintah daerah juga mengingatkan warga, agar lebih berhati-hati saat menambang batu kapur, karena kondisi tambang yang berbahaya. Demikian videonya pada Liputan6, 30 Mei 2020.

"Sangat bahaya, tapi karena orang-orang sudah tahu kalau bahaya, tapi istilahnya itu sudah menjadi pekerjaannya, jadi kejadiannya pas hari Jumat, kalau bukan hari Jumat ada korban,” ungkap Kasmono, Kepala Desa Leran Kulon.

Akibat kejadian ini lokasi tambang ditutup sementara, lantaran dapat mengancam keselamatan para penambang.