Sukses

RS Non-Rujukan Corona Covid-19 di Surabaya Turun Tangan

Liputan6.com, Surabaya Sejumlah rumah sakit non-rujukan Corona Covid-19 di Surabaya akhirnya turun tangan. Mereka ikut menampung dan merawat pasien yang terinfeksi Corona Covid-19.

Salah satu rumah sakit non-rujukan itu itu adalah RS Darmo. Ada 14 pasien terkonfirmasi positif Corona Covid-19.

“Dukungan dari rumah sakit non-rujukan diperlukan supaya rumah sakit rujukan Corona Covid-19 di Surabaya tidak melebihi kapasitas,” ujar Dodo Andono, Wakil Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Jatim, seperti yang dikutip dari Antara, Sabtu (30/5/2020).

Rumah sakit non-rujukan tersebut juga sudah memiliki ruang isolasi khusus sehingga dipastikan dapat menampung dan merawat pasien COVID-19. Selain itu, Persi juga selalu mendata dan memberikan tanda terima untuk memastikan rumah sakit non-rujukan menerima alat pelindung diri (APD).

Menurut Dodo, Pemkot Surabaya memperhatikan juga rumah sakit non-rujukan. Kecuali Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) karena memang tidak diperuntukkan penanganan pandemi ini,

Saat ini ada sekitar 20 rumah sakit rujukan di Surabaya yang telah ditetapkan Pemprov Jatim untuk menangani pasien Corona Covid-19. RSUD dr. Soetomo menjadi sebagai rumah sakit rujukan utama.

2 dari 2 halaman

Saksian video pilihan berikut ini: