Sukses

Risma Kangen Makan Bersama Masyarakat Saat Hari Jadi Surabaya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) pun menyapa masyarakat Surabaya lewat media sosial Pemerintah Kota Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Surabaya merayakan hari jadi Surabaya ke-727 pada 31 Mei 2020. Perayaan ulang tahun Surabaya tersebut dirayakan berbeda seiring ada pandemi COVID-19.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) pun menyapa masyarakat Surabaya lewat media sosial Pemerintah Kota Surabaya. Pada perayaan ulang tahun Kota Pahlawan, Risma pun menyampaikan kerinduan untuk berkumpul bersama dengan masyarakat terutama saat merayakan hari ulang tahun Surabaya.

"Terus terang saya kangen berkumpul dengan masyarakat. Kalau hari jadi Surabaya itu puasa, tak ada makan bersama dengan warga. Kalau dulu selalu makan bersama dengan warga,  15 ribu makanan kita sama-sama makan di Balai Kota ini, beberapa tahun terakhir puasa pas hari jadi, kita enggak lakukan itu pesta rakyat," ujar Risma, Minggu, (31/5/2020).

Pada momen hari jadi Surabaya ini, Risma juga menyampaikan sejumlah pencapaian. Antara lain indeks pembangunan manusia (IPM) Surabaya yang meningkat menjadi 82,22. Tingkat kesenjangan atau gini ratio sekitar 0,28 persen.

Meski demikian, Risma mengingatkan hal itu tidak membuat untuk puas diri tetapi menjadi cambuk. Lebih lanjut ia menuturkan, pandemi COVID-19 untuk tidak membuat lemah dan tak bersemangat.

"Kita Arek Suroboyo yang tak kenal menyerah dan tak kenal putus asa. Tuhan yang menentukan. Rasa persatuan dan kesatuan mampu selesaikan masalah, jiwa kebersamaan mengutamakan persatuan harus dijaga, tinggal di suatu kota yang unsurnya terdiri dari berbagai etnis dan suku bangsa, kota metropolitan dengan jumlah penduduk 3 juta," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imbau Warga Jalani Protokol Kesehatan

Risma juga mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Hal itu mulai dari memakai masker, mencuci tanga, dan jaga jarak. Ia juga berharap ada suatu inovasi dari masyarakat untuk menciptakan sabun yang bisa tahan selama satu hari untuk membasmi kuman.

"Menciptakan sabun yang bisa untuk lamanya satu hari bisa bunuh kuman, tangan enggak rusak, ide-ide inovatif,” kata dia.

3 dari 3 halaman

Risma Ingin Generasi Muda Dapat Kreatif dan Inovatif

Risma juga mengimbau kepada masyaraka Surabaya terutama generasi muda untuk selalu semangat dan terus belajar. Ia ingin generasi muda tetap belajar dan tak kenal menyerah di tengah keterbatasan.

Risma mengharapkan masyarakat Surabaya tetap bekerja keras, inovatif, kreatif dan disiplin sehinga dapat menjadi pemenag global setelah Pandemi COVID-19. “Ajak jajaran Pemkot kerja sama untuk layani warga melanjutkan lebih baik, wujudkan Surabaya sehat, berkarakter,” ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.