Sukses

VIDEO: Tim SAR Evakuasi Jenazah Penambang Belerang di Danau Kawah Ijen

Liputan6.com, Jakarta - Penambang belerang yang hilang di danau kawah Ijen setelah ada gelombang air akhirnya ditemukan. Dia ditemukan mengambang sejauh 150 meter dari bibir danau. Tim SAR dan rekan penambang akhirnya berhasil menemukan dan mengevakuasi jenazah Andika (61), penambang belerang yang sempat hilang diterjang ombak danau kawah Ijen.

Tim SAR langsung mengevakuasi jenazah Andika yang ditemukan tewas mengambang di tengah danau sulfur kawah Gunung Ijen, Banyuwangi. Proses evakuasi dibantu rekan korban yang nekat menceburkan diri ke tengah danau bersulfur tinggi. Meski tanpa alat pelindung memadai.

Setibanya di rumah duka di Dusun Jambu, Kecamatan Licin, jenazah Andika disambut tangis anggota keluarga. Terlebih sebelumnya, korban yang berprofesi sebagai penambang belerang hilang selama 24 jam, setelah ditelan gelombang kawah Ijen. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, 31 Mei 2020.

"Waktu jenazah saya ambil pakai tangan kanan terus ditarik tali, dari posisinya penambangan kurang lebih 150 meter di tengah danau,” ungkap Arifin, rekan korban.

Sebelum hilang ditelan gelombang, korban menambang belerang bersama seorang rekannya, tiba-tiba terdengar suara dentuman keras dari dasar kawah yang disusul gelombang setinggi 3 meter. Rekan korban berhasil menyelamatkan diri ke atas kawah Ijen, sedangkan korban terpeleset dan tenggelam ke dasar kawah.