Sukses

VIDEO: Tim Basarnas Temukan Jasad Pemuda di Sungai Sambisirah Pasuruan

Liputan6.com, Jakarta - Selama hampir satu jam, Tim Penyelam Basarnas akhirnya menemukan jasad Abdul Kodir, seorang pencari ikan di dasar Sungai Sambisirah, Kecamatan Wonorejo, Pasuruan, pada Minggu siang.

Jasad pemuda berusia 25 tahun itu tersangkut di bebatuan di dasar sungai pada kedalaman 5 meter, semula pencarian korban dilakukan warga dengan memasang tali melintang dan menebar jaring. Namun usaha itu gagal, hingga warga akhirnya dibantu polisi dan Basarnas Kabupaten Pasuruan.

Dibantu sejumlah warga, jasad korban digotong menuju ke ambulans untuk kemudian dibawa ke Rumah Sakit Umum Bangil, Pasuruan guna menjalani visum. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 1 Juni 2020.

"Pencarian dengan beberapa teknik, yang pertama teknik penyelaman, kemudian yang kedua dengan menyisir sepanjang aliran sungai, dan Alkhamdulillah sekitar pukul 11.30, korban bisa kita evakuasi dalam kondisi meninggal dunia," kata Brian Gautam, Komandan Tim Basarnas.

Sebelumnya, Abdul Kodir tenggelam saat mencari ikan, beberapa orang saksi melihat korban menceburkan diri ke sungai untuk memperbaiki jaringnya yang tersangkut di dalam sungai. Namun, korban tak juga muncul kembali ke permukaan dan kuat dugaan terbawa arus.

Peristiwa tenggelamnya pencari ikan di sungai sudah dua kali terjadi di wilayah Pasuruan dalam kurun waktu dua hari. Sebelumnya, seorang warga di Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton, Pasuruan, tewas tenggelam di Sungai Welang dan hingga saat ini jasadnya belum ditemukan.