Sukses

Wali Kota Risma Sebut Bantuan BIN Ringankan Beban Warga Surabaya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan pihaknya akan menyalurkan bantuan BIN kepada warga Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan bantuan dari BIN untuk penanganan Corona COVID-19 dapat membantu meringankan beban warga Surabaya, Jawa Timur.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran BIN atas bantuan yang terus mengalir untuk Kota Pahlawan. Dia menilai, hampir empat hari ini BIN ikut membantu dalam menyelesaikan COVID-19 di Surabaya.

Risma juga menceritakan bantuan itu yang diantar langsung oleh Staf Khusus Kepala BIN Mayjen TNI Dr Suyanto beserta jajarannya dengan menggunakan mobil. Perjalanan tersebut memakan waktu selama 10 jam dari Jakarta menuju Surabaya. Menurut wali kota perempuan pertama di Surabaya ini, semua bantuan itu dapat meringankan beban warganya.

"Ini bisa membantu meringankan beban warga Surabaya. Saya selalu mencoba memberikan semangat kepada mereka," kata Risma, seperti dikutip dari Antara, Selasa 2 Juni 2020.

Ia mengatakan, masker itu akan langsung dibagikan kepada warga Surabaya. Risma mengaku setiap pagi berkeliling ke pasar-pasar untuk membagikan masker.

Setiap hari sekitar 200 masker yang dibagikan. Bahkan, lanjut dia, ketika ada satu wilayah yang terkonfirmasi COVID-19, maka akan dibagikan masker di wilayah itu, juga akan dilakukan rapid test serta tes swab.

"Jadi, kalau kita SOP-nya setiap ada yang positif di daerah itu, kami membagikan masker. Ini akan sangat membantu kami. Kalau biasanya 200 masker, ini bisa lebih. Warga sangat antusias ketika diberikan masker itu, sehingga ini sangat membantu kami," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BIN Beri Bantuan 120 Ribu Masker

Badan Intelijen Negara (BIN) RI kembali memberikan bantuan berupa 120 ribu masker nonmedis untuk penanganan COVID-19 di Kota Surabaya, Jawa Timur.

"Memang yang paling efektif untuk warga adalah masker nonmedis. Bukan yang medis, karena tidak sekali pakai, kalau ini bisa dicuci," kata Staf Khusus Kepala BIN Mayjen TNI Dr. Suyanto.

Ia berharap bantuan yang disalurkan ini dapat membantu Pemerintah Kota Surabaya agar kondisi pandemi COVID-19 cepat pulih kembali. "Mengingat ibu wali kota perhatiannya sangat besar kepada warganya," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.