Sukses

VIDEO: Kemenkes Beri Bantuan Robot AUMR untuk Penanganan COVID-19 di Jatim

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan menyumbangkan berbagai peralatan medis untuk membantu percepatan penanganan COVID-19 di Jawa Timur.

Bantuan secara simbolis diserahkan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa, 2 Juni 2020.

Salah satu peralatan yang menyedot perhatian adalah satu unit robot Autonomus Ultraviolet-C Mobile yang berfungsi mensterilisasi ruang isolasi di berbagai rumah sakit rujukan COVID-19. Yang membanggakan, 76 persen komponen robot tersebut berasal dari dalam negeri dan merupakan hasil karya anak bangsa.

Terdapat enam lampu ultraviolet tipe C yang terpasang pada robot ini. Sinarnya diyakini mampu membunuh virus corona yang menempel di berbagai rumah sakit rujukan Covid-19 di Jawa Timur.

"Kami harapkan, Jawa Timur bisa segera teratasi situasinya menjadi semakin baik, perlengkapan untuk tracing dan pengecekan tes PCR juga sudah kita datangkan," ungkap Terawan Agus Putranto, Menkes RI.

Selain robot ultraviolet, Kementerian Kesehatan juga menyumbangkan polymerase chain reaction (PCR) kits sebanyak empat koli, Asam Ribonukleat (ARN) sebanyak 14 koli, Viral Transpor Medium (VTM) kits sebanyak 125 koli, dan 10 unit ventilator.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi bantuan Kementerian Kesehatan dan berkomitmen untuk melakukan ikhtiar secara maksimal, demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Demikian seperti dilansir pada Liputan6, 3 Juni 2020.