Sukses

Waspadai Gelombang Tinggi di Sekitar Perairan Jawa Timur

Gelombang tinggi tersebut pada 3 Juni 2020 pukul 07.00 WIB hingga 5 Juni 2020 pukul 07.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - BMKG Juanda mengumumkan peringatan dini gelombang tinggi. Gelombang tinggi tersebut pada 3 Juni 2020 pukul 07.00 WIB hingga 5 Juni 2020 pukul 07.00 WIB.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Timur Laut-Tenggara dengan kecepatan 5-20 knot sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari Timur Laut-Tenggara dengan kecepatan 3-25 knot. Hal itu berdasarkan informasi dari BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Tanjung Perak Surabaya, seperti dikutip dari instagram @infobmkgjuanda, Kamis (4/6/2020).

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Jawa, Laut Banda, dan Laut Arafuru. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut. 

Sedang (1,25-2,5 meter):

-Perairan Tuban-Lamongan

-Perairan Gresik-Surabaya

-Perairan Utara-Madura

-Perairan Kep.Sapudi

-Selat Madura bagian Timur

Tinggi (2,5-4 meter)

-Perairan Kalimantan Tengah bagian timur

-Perairan Kep.Kangean

-Laut Jawa utara Bawean

-Peraian selatan Jatim

-Laut Jawa selatan Bawean

-Laut Jawa sebelah barat Masalembo

-Laut Jawa sebelah timur Masalembo

Sangat Tinggi (4-6 meter)

-Samudera hindia selatan Jawa Timur

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BMKG Juanda: Surabaya Berpeluang Hujan pada Malam Hari

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi Surabaya berpotensi hujan sedang pada malam hari.

Mengutip instagram @infobmkgjuanda, Kamis, 4 Juni 2020, Surabaya akan cerah berawan pada siang hari. Sedangkan sore hari cerah. Pada malam hari pukul 19.00 WIB, Surabaya akan hujan sedang. Suhu di Surabaya akan berada di kisaran 25-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 60-90 persen.

Di Sidoarjo, cuaca akan cerah berawan dari siang hingga sore hari. Pada malam hari pukul 19.00 WIB, cuaca akan hujan intensitas sedang. Suhu di Sidoarjo akan berada di kisaran 24-32 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 65-95 persen.

Cuaca di Lamongan akan hujan lokal pada siang hingga malam hari. Sedangkan sore hari cerah. Cuaca di Lamongan akan berada di kisaran 25-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 60-90 persen.

Di Gresik akan terjadi hujan lokal pada siang hari. Sedangkan sore hari cerah, kemudian malam hari akan terjadi hujan intensitas sedang. Suhu di Gresik berada di kisaran 25-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 60-90 persen.

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hingga sore hari di Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Jombang, Trenggalek, Tulungagung, Kota Blitar, Kota Kediri, Kabupaten Malang dan Jember.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.