Sukses

100 Warga Reaktif dari Rapid Test Massal di Terminal Keputih Surabaya

Kepala Poliklinik BIN, dr Wulan menyatakan, warga yang ikut rapid test dan swab diikuti bukan hanya dari warga Keputih Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar rapid dan swab tes massal di terminal Keputih Surabaya, Kamis (4/6/2020). Alhasil, petugas mendapatkan 100 orang yang reaktif rapid test. 

"Kuotanya hari ini seribu, sampai jam segini, jam dua siang ini pendaftaran sudah 746 orang, yang reaktif ada seratus orang," tutur Kepala Poliklinik BIN, dr Wulan. 

Wulan menyampaikan, 100 orang yang reaktif dari hasil rapid test akan langsung di swab dan dikarantina. "Kita kerja sama dengan Dinkes dan Linmas, jadi langsung di karantina. Ini mobil juga mobil karantina," ujar dia. 

Wulan mengatakan, berhubung banyaknya sampel, pihaknya akan mengolah dahulu sampel tersebut. "Kalau mobil lab, lima jam hasilnya langsung bisa keluar tapi karena banyak jadi pengerjaannya berulang-ulang," ucapnya. 

"Jadi mungkin butuh waktu dua harian nanti akan kita laporkan ke Dinkes, dan Dinkes yang akan menginfokan hasilnya,"  ia menambahkan.

Wulan juga mengungkapkan, warga yang mengikuti tes rapid dan swab massal ini diikuti oleh warga yang bukan hanya dari warga Keputih Surabaya dan bahkan ada juga warga luar Surabaya yang juga ikut. 

"Kayaknya ada juga warga dari luar Surabaya, karena tadi ada beberapa yang menginfokan ke saya. Mungkin tes rapid dan swab massal ini hanya sampai jam empat sore, sehabisnya antrian," ucapnya. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkembangan Pasien Corona COVID-19 di Surabaya pada 3 Juni 2020

Sebelumnya, pasien positif Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur bertambah 55 orang per 3 Juni 2020.

Mengutip peta sebaran Corona COVID-19 di laman lawancovid-19, Kamis, 4 Juni 2020, berdasarkan sumber dinas kesehatan Kota Surabaya, total pasien positif Corona COVID-19 mencapai 2.803 orang. Rinciannya 2.705 orang dari Surabaya dan 98 orang dari luar Surabaya hingga 2 Juni 2020.

Total pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dalam perawatan sebanyak 2.007 orang. Pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Surabaya bertambah menjadi 523 orang dan dari luar Surabaya sebanyak 17 orang. Sementara itu, pasien meninggal karena Corona COVID-19 bertambah tiga orang menjadi 250 orang dan dari luar Surabaya sebanyak enam orang.

Total pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Corona COVID-19 mencapai 3.158 orang. Dari jumlah tersebut, PDP dalam pengawasan sebanyak 1.978 orang dan PDP sembuh mencapai 1.177 orang. PDP meninggal ada tiga orang.

Selain itu, total kumulatif ODP mencapai 3.782 orang. Rinciannya ODP dipantau sebanyak 509 orang dan ODP selesai dipantau ada 3.273 orang.

Di Surabaya, pasien positif Corona COVID-19 terbanyak ditemui di Surabaya Timur yang mencapai 950 pasien, di Surabaya Selatan sebanyak 573 pasien dan Surabaya Utara sebanyak 544 pasien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.