Sukses

Sambut New Normal, Enam Kabupaten/Kota di Jatim Siap Operasikan Tempat Wisata

Dari enam daerah tersebut, Banyuwangi melaporkan ke Disbudpar Jatim sangat siap membuka wisata new normal.

Liputan6.com, Surabaya - Dinas kebudayaan dan pariwisata (Disbupar) Jawa Timur (Jatim) telah menerima laporan dari enam kabupaten maupun kota, yaitu Banyuwangi, Batu, Blitar, Pacitan, Kota dan Kabupaten Malang, bakal siap mengoperasikan tempat wisatanya jika diterapkan new normal atau tatanan normal baru. 

Dari enam daerah tersebut, Banyuwangi melaporkan ke Disbudpar Jatim sangat siap membuka wisata new normal. Sementara Kota Batu yang dikenal sebagai kota wisata juga sedang menyiapkan bersama Kota dan Kabupaten Malang.

"Banyuwangi kemarin melaporkan sudah siap. Kota Batu, setelah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) tidak di perpanjang mulai mempersiapkan sebaik-baiknya," ujar Kepala Disbudpar Jatim, Sinarta, Kamis (4/6/2020).

Sinarta juga mengingatkan perihal protokol kesehatan, sebelum wisata new normal dibuka di enam daerah itu. Tak hanya itu Standard Operasional Prosedur (SOP) khusus juga harus disiapkan serta disosialisasikan. Termasuk penyediaan tempat cuci tangan, pengukur suhu tubuh, hand sanitizer dan layanan kesehatan

"Semua pengelola wisata, baik wisata alam, wisata budaya, dan wisata buatan harus mengikuti dan menyesuaikan dengan protokol kesehatan," ucapnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terjunkan Tim

Sinarta mengungkapkan, pihaknya akan menerjunkan tim untuk mengecek kesiapan wisata new normal di enam daerah tersebut. 

"Kami akan mengecek, kami akan lihat bagaimana sarana prasarananya, SDM-nya, juga tata laksana di masing-masing tempat wisata yang diusulkan masing-masing pemda," ujarnya. 

"Kalau sudah dipastikan bahwa para pengelola wisata ini siap membuka tempatnya, kami akan maksimalkan di bidang pemasaran. Kami pikirkan bagaimana meyakinkan wisatawan untuk datang," ucap Sinarta. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.