Sukses

Tujuh Orang dari Dua Klaster Berbeda di Probolinggo Sembuh dari COVID-19

Dari tujuh orang pasien yang sembuh tersebut terdiri dari klaster pemudik sebanyak tiga orang berasal dari Desa Prasi di Kecamatan Gading.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak tujuh orang yang terdiri dari tiga pemudik dan empat tenaga kesehatan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, dinyatakan sembuh dari COVID-19 setelah dua kali hasil swab negatif.

"Hingga hari ini terdapat tujuh orang dinyatakan sembuh dari COVID-19 yang merupakan klaster pemudik dan tenaga kesehatan," kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto di Probolinggo, Rabu malam, 4 Juni 2020.

Dari tujuh orang pasien yang sembuh tersebut terdiri dari klaster pemudik sebanyak tiga orang berasal dari Desa Prasi di Kecamatan Gading yang merupakan pemudik dari Bali dan dua orang dari Desa Pakuniran di Kecamatan Pakuniran yang merupakan pemudik dari Pontianak, dilansir dari Antara.

Kemudian, klaster tenaga kesehatan sebanyak empat orang, di antaranya berdomisili di Kelurahan Ketapang-Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo, Desa Jangur di Kecamatan Sumberasih, dan Desa Karanganyar di Kecamatan Paiton yang ketiganya merupakan tenaga kesehatan di RSUD Tongas.

Satu orang lagi merupakan warga Kelurahan Wiroborang di Kecamatan Mayangan yang merupakan tenaga kesehatan di RSUD Waluyo Jati Kraksaan.

"Dengan demikian warga yang sembuh dari COVID-19 di Kabupaten Probolinggo mencapai 70 orang dari total 91 orang positif, sedangkan 19 orang masih dirawat dan dua orang meninggal dunia," tuturnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Terkini

Menurutnya, ketujuh orang tersebut kondisinya bagus dan sehat, namun mereka tetap harus melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing selama 14 hari dengan terus menerapkan protokol kesehatan sebaik-baiknya.

Hasil swab ketujuh orang itu keluar pada Rabu ini melalui pemeriksaan TCM (Tes Cepat Molekuler) di RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Mereka tidak punya penyakit lain karena memang dari awal mereka orang sehat dan tidak ada keluhan, sehingga statusnya orang tanpa gejala (OTG).

"Saya mengimbau kepada mereka yang sudah dinyatakan sembuh, agar jangan pernah lupa untuk mematuhi protokol kesehatan baik pada waktu melaksanakan tugas maupun saat bersosialisasi dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo tercatat jumlah pasien COVID-19 sebanyak 91 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.