Sukses

Membaca Nyaring Bisa Bikin Anak Cerdas

Liputan6.com, Surabaya - Guru Besar Bahasa Inggris Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Lies Amin Lestari berbagi jurus meningkatkan kecerdasan anak. Jurus ini bisa dilakukan oleh orangtua.

Caranya, mengenalkan membaca kepada anak sejak dini. Namun, bukan asal membaca, melainkan orangtua membaca dengan nyaring.

“Membaca nyaring menjadi bagian dari pembelajaran rutin bagi anak sehingga meningkatkan kemampuan membaca, menulis, berbicara, dan bahkan kemampuan akademiknya,” ujar Lies, seperti yang dikutip dari laman unesa.ac.id, Sabtu (6/6/2020).

Sementara, dosen jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unesa, Fafi Inayatillah, mengatakan membaca terpandu memfasilitasi pembelajaran anak-anak di dalam kelas.

“Anak yang kurang dalam membaca bisa terfasilitasi,” ucapnya.

Kedua akademisi itu menyampaikan materinya dalam sarasehan perlindungan anak dengan tema Literasi Berimbang dalam Pembelajaran yang digelar Pusat Studi Leterasi LPPM Unesa.

Rektor Unesa, Nurhasan, dalam sambutannya menuturkan Unesa merupakan salah satu kampus yang memeroleh hibah untuk mengimplementasikan literasi seimbang dari Departemen Pemerintahan Australia.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: