Sukses

Standar Normal Baru untuk Pelayanan Kesehatan di RSUA Surabaya

Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Surabaya menerpakan pelayanan kesehatan dengan standar normal baru mulai Senin (8/6/2020).

Liputan6.com, Surabaya Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Surabaya menerpakan pelayanan kesehatan dengan standar normal baru mulai Senin (8/6/2020). Layanan untuk pasien umum dan Corona Covid-19 dilakukan terpisah.

Penanganan pasien Corona Covid-19 akan dilakukan di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) yang terletak di sebelah timur RSUA. Akses parkir pasien umum dan Corona Covid-19 juga dipisah.

“Kami juga menyiapkan sejumlah fasilitas untuk mengoptimalkan layanan pasien Corona Covid-19 di RSKI,” ujar Mohammad Nasih, Rektor Unair, seperti yang dikutip dari Antara.

Fasilitas itu meliputi, 145 tempat tidur, terdiri dari 38 tempat tidur ICU dan 107 HCU. RSKI juga mempunyai 117 tempat tidur yang dilengkapi dengan tekanan negatif. Tersedia juga IGD terpisah di sisi timur gedung RSKI untuk penanganan pasien Corona Covid-19.

Penanganan Covid-19 di RSKI melibatkan 45 dokter spesialis dan 250 perawat, termasuk relawan. Ada pula robot yang membantu dokter dan CCTV yang bisa berputar 360 derajat, sehingga dokter dan tenaga kesehatan yang lain tidak sering bertemu dengan pasien. 

"Hal itu, untuk menekan potensi penularan COVID-19 dari pasien ke dokter dan tenaga kesehatan yang lain," tuturnya.

RSUA juga juga menyiapkan kamar jenazah pasien Corona Covid-19 yang terpisah dengan kamar jenazah umum di RSUA. Kamar jenazah di RSKI termasuk paling modern dan dilengkapi dengan alat-alat canggih serta aman.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.