Sukses

Gaya Wali Kota Risma Mencoba Pemindai Suhu Tubuh di Balai Kota Surabaya

Wali Kota Risma mencoba alat pemindai suhu tubuh yang baru saja dipasang di Balai Kota Surabaya, Jumat (12/6/2020).

Liputan6.com, Surabaya Wali Kota Risma mencoba alat pemindai suhu tubuh yang baru saja dipasang di Balai Kota Surabaya, Jumat (12/6/2020). Ada dua unit thermal scanner yang dipasang di pintu utama sisi timur dan pintu masuk sisi utara lobi.

Alat itu terdiri dari kamera dan alat khusus yang dapat mendeteksi suhu tubuh pengunjung. Bahkan, pengunjung juga dapat melihat langsung suhu tubuhnya di layar monitor yang tersedia di lokasi. Layar monitor itu menampilkan gambar siapa pun yang terekam kamera thermal scanner berikut suhu tubuhnya.

Tanpa canggung, Wali Kota Risma memasuki tenda untuk melihat langsung hasil pemindaian suhu tubuh di layar monitor.

“Kalau ada yang terdeteksi suhunya tinggi, langsung ditempatkan di bilik tenda yang telah disediakan, nanti kami hubungi Command Center 112, kemudian dokternya menjemput," ujar Wali Kota Risma, seperti yang dikutip dari Antara.

Ia berpendapat penggunaan thermal scanner ini untuk meminimalkan risiko petugas terpapar Covid-19. Sebab, jika hanya menggunakan thermo gun, kemungkinan besar petugas terpapar saat ramai pengunjung dan ada yang belum terdeteksi suhu tubuhnya.

Wali Kota Risma berencana memasang alat ini di semua titik kantor Pemerintah Kota Surabaya. Bahkan, Risma juga berencana mengaplikasikan alat tersebut di kantor-kantor layanan publik yang ada di kota itu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.