Sukses

Gugus Tugas Desa Situbondo Jemput Paksa Warganya dari Karantina, Ada Apa?

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Desa Paowan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur menyayangkan gugus tugas kabupaten Situbondo sehingga jemput empat warga desa.

Liputan6.com, Jakarta - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Desa Paowan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menjemput paksa empat orang warganya dari tempat karantina kabupaten. Hal ini karena warga yang hasil tes cepatnya reaktif tersebut tidak kunjung dites usap (swab test).

"Kami sangat menyayangkan gugus tugas kabupaten yang tak kunjung melakukan swab test terhadap warga kami yang sudah 13 hari menjalani karantina di Hotel Sidomuncul 1 kawasan Wisata Bahari Pasir Putih," tutur  Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Desa Paowan, Kecamatan Panarukan, Saiful Hady di Situbondo, Sabtu, (13/6/2020), seperti dikutip dari Antara.

Pihaknya terpaksa membawa pulang empat orang warganya dari tempat karantina itu, selain tidak ada langkah cepat dari gugus tugas kabupaten yang tidak melakukan tes usap untuk memastikan positif Corona COVID-19 atau tidak, juga karena dorongan warga dan keluarga agar keempat warga reaktif itu dilakukan isolasi mandiri.

Gugus tugas desa menjemput paksa empat orang warganya yang reaktif itu, karena terus mendapat desakan dari keluarganya. Bahkan, selama di karantina, empat orang warga tersebut kerap telepon dan menangis karena tidak ada kejelasan tes usap.

"Kalau kondisi kesehatan empat warga kami sehat dan bahkan mereka berat badannya bertambah selama hampir setengah bulan di karantina. Jadi, mereka saat ini sudah di rumahnya masing-masing isolasi mandiri," ujar Kepala Desa Paowan itu.

Kades Saiful menceritakan empat orang warganya juga mengaku kecewa karena tak kunjung dilakukan tes usap oleh Gugus Tugas COVID-19 Situbondo.

"Kasihan sama mereka, apalagi mereka di tempat karantina masih satu tempat atau satu kawasan dengan pasien positif COVID-19," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo, Dadang Aries Bintoro membenarkan Kepala Desa Paowan membawa pulang empat orang warganya itu dengan alasan tak kunjung dilakukan tes usap.

"Kami sudah koordinasi dengan Dinas Kesehatan, sebenarnya rencana dilakukan tes usap pada Minggu, 14 Juni besok, karena katanya untuk tes usap dilakukan setelah 14 hari," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.