Sukses

Melihat Potret Cantiknya Bunga Tabebuya yang Mekar di Surabaya

Mekarnya Bunga Tabebuya menambah warna di sejumlah jalan di Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah Pohon Tabebuya di Surabaya, Jawa Timur terlihat sudah berbunga di beberapa titik jalan di Kota Pahlawan.

Hal itu seperti ditunjukkan di akun instagram pemerintah kota Surabaya, @sapawargasby, dikutip Minggu (14/6/2020). Mekarnya Bunga Tabebuya menambah warna di sejumlah jalan di Surabaya. Pohon Tabebuya ini biasanya mekar pada April, Oktober-November.

Pemerintah Kota Surabaya menanam Pohon Tabebuya sejak 2010. Di Surabaya, Jawa Timur, Bunga Tabebuya dominasi berwarna merah muda, putih dan kuning. Maraknya Pohon Tabebuya ketika berbunga ini bikin Surabaya makin berwarna.

Mengutip gardeningknowhow, Pohon Tabebuya termasuk pohon berbunga sedang hingga kecil yang berasal dari Hindia Barat serta Amerika Selatan dan Tengah terutama Brazil. Pohon Tabebuya terdiri lebih dari 100 jenis di genus Tabebuya. Bunga Tabebuya cantik saat mekar. Lebar mekarnya sekitar 1-4 inci yang menggantung dalam beberapa kelompok.

Bunga ini berbentuk tabung dan ringan di atas dengan banyak benang sari.Kebanyakan varietasnya memiliki bunga keemasan, tetapi ada pula yang berwana merah muda dan ungu. Ada pula bunga Tabebuya yang mekar berwarna putih, magenta, atau merah yang lebih sulit ditemukan.

Selain itu, kondisi pertumbuhan Tabebuya harus di lokasi yang hangat, meski toleran terhadap jenis tanah. Tanaman ini mempunyai toleransi kekeringan yang cukup tinggi.

Tabebuya juga dapat beradaptasi di lokasi dengan matahari yang terik. Tanaman ini cukup tahan akan hama atau penyakit.

Ingin kembali melihat cantiknya Pohon Tabebuya yang bunganya sedang mekar saat ini? Berikut potretnya seperti dikutip dari instagram @sapawargasby:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bunga Pohon Tabebuya Mulai Mekar di Surabaya

Pohon Tabebuya adalah tanaman yang masuk dalam kategori pohon besar yang berasal dari Brazil dan memiliki kemiripan dengan tanaman sakura meski tidak berkerabat.

3 dari 5 halaman

Berasal dari Daerah Iklim Kering

Habitas asli pohon ini berasal dari daerah iklim kering sehingga mempunyai daya tahan hidup yang tinggi dan cocok tumbuh di negara subtropics dan tropis.

Bunga dari Pohon Tabebuya berbentuk terompet dan memiliki berbagai jenis warna seperti putih, kuning, merah muda, magenta, plum dan merah.

4 dari 5 halaman

Pohon Tabebuya Berarti Semut Kayu

Pohon Tabebuya merupakan singkatan dari ‘tacyba bebuya’ atau yang berarti semut kayu dalam Bahasa Brazil.

5 dari 5 halaman

Kelebihan Pohon Tabebuya

Pohon Tabebuya menjadi pohon pelindung, membuat udara lebih bersih yang juga dapat menjadi pupuk dan sekaligus menjadi tanaman hias.

Daun yang tidak mudah rontok, ramah lingkungan dan terlihat indah karena lebat ketika berbunga juga menjadi kelebihan dari pohon ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.